Tuesday, June 21, 2011

BNN mengkaji tentang ganja......

Posted by daeryl 11:24 PM, under | No comments


BNN Mengkaji Tentang Ganja
Category: Opini,Umum Tags: ,
Tanggal 22 November 2006 saya sempat posting tulisan tentang kemungkinan dibukanya perkebunan ganja di Indonesia. Bahkan pada tanggal 20 Desember 2006 saya sempat posting lagi beberapa produk dengan bahan dasar ganja yaitu dodol dan kopi ganja. Tulisan tersebut awalnya hanyalah diskusi santai antara saya dengan beberapa rekan di salah satu pojokan warung kopi. Ada beberapa alasan yang mendasari bahwa sangat dimungkinkan untuk dibukanya perkebunan ganja di Indonesia, khususnya di Aceh :
  1. Aceh sudah memiliki trade mark sebagai “ladang ganja” terbesar sekaligus pensuplai ganja terbanyak di Indonesia. Hal ini terjadi karena didukung oleh kondisi geografis yang berbukit dan juga tanah yang subur untuk tumbuhnya ganja. FYI, Pulau Aceh sebagai salah satu bagian dari Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam disinyalir penuh dengan kebun ganja ilegal yang dikelola oleh orang-orang pulau setempat (walaupun investornya kemungkinan bukan berasal dari pulau yang bersangkutan)
  2. Sudah sejak lama ganja digunakan sebagai bumbu masak di NAD, bahkan bisa dipastikan sebagian besar gulai kambing di NAD selalu menggunakan campuran ganja. Jadi jangan kaget jika anda makan gulai kambing di Aceh, kemudian merasakan masakan yang memang sedap :-D
  3. Selain sebagai bumbu masak, ganja juga terbukti bisa menjadi produk lain yang dibuat oleh masyarakat lokal. Yang sempat saya ketahui yaitu dodol dan kopi ganja.
  4. Di luar negeri penggunaan ganja ternyata dibedakan, yaitu terdiri dari penggunaan ganja untuk industri dan juga ganja untuk penggunaan terlarang. Ganja untuk pengunaan terlarang dikenal sebagai Cannabis, sedangkan untuk penggunaan industri dikenal dengan istilah Hemp. Sementara di Indonesia tidak mengenal perbedaan ini, seperti yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1997 disebutkan bahwa ganja termasuk sebagai narkotika.
  5. Salah satu sebab mengapa ganja menjadi tumbuhan terlarang adalah karena zat THC. Zat ini bisa mengakibatkan pengguna menjadi “mabuk” sesaat jika salah digunakan. Sebenarnya kadar zat THC yang ada dalam tumbuhan ganja dapat dikontrol kualitas dan kadarnya jika ganja dikelola dan dipantau dengan proses yang benar.
Hari ini, tanggal 31 Mei 2007 ada berita kalau BNN dan INIDA akan melakukan kajian untuk melegalkan ganja di Indonesia. Ada beberapa asumsi saya diatas yang mirip dengan yang sampaikan oleh BNN. Artinya diskusi santai saya dengan rekan-rekan KPLI Aceh sebenarnya sangat mungkin untuk direalisasikan :-D. Yang jelas, jika memang rekomendasi INIDA dan BNN adalah memanfaatkan potensi ganja, maka langkah yang harus dilakukan pertama kali adalah mengubah Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1997 agar membedakan antara ganja industri dan ganja yang masuk kategori narkotika. Jadi. Mari kita lihat, rekomendasi apa yang akan dikeluarkan oleh BNN dan INIDA tentang potensi ganja di Indonesia.
Popularity: 25% [?]
May 31, 2007 @ 12:18 pm

146 Comments

#1 Comment by raHma :
On June 1, 2007 1:19 pm Mozilla Firefox 1.5.0.12 Windows XP
Ditunggu kabar nya kalo sudah ‘LEGAL’ ;))
#2 Comment by Indra Wahyudi :
On June 1, 2007 3:00 pm Mozilla Firefox 2.0.0.3 Ubuntu Linux
Atas nama alam saya mendukung pelegalan ganja
#3 Comment by all-x :
On June 1, 2007 3:11 pm Mozilla Firefox 2.0.0.3 Linux
lagi lagi… ya udah deh itu BRR di aceh usulin bikin satker ganja aja kali ya ;))
#4 Comment by jimmy :
On June 1, 2007 5:07 pm Internet Explorer 7.0 Windows XP
ganja lagi…. kalo udah legal tetep gak akan make lagi
#5 Comment by dheche :
On June 1, 2007 6:13 pm Mozilla Firefox 1.0.6 Fedora Linux
Kopi Aceh sudah, berarti tinggal nunggu kiriman dodol aceh dan gulai kambing aceh :D
#6 Comment by Aqiel :
On June 1, 2007 8:18 pm Mozilla Firefox 2.0 Windows XP
… Artinya diskusi santai saya dengan rekan-rekan KPLI Aceh sebenarnya sangat…
Waduh, ternyata KPLI Aceh terlibat gerakan legalisasi ganja ya ;))
#7 Comment by medon :
On June 1, 2007 8:57 pm Mozilla Firefox 2.0.0.1 Windows XP
LEGELAIZE IT!!
#8 Comment by mina :
On June 3, 2007 6:04 am Opera 8.51 Windows XP
dah lama pengen nyobain mie goreng dan gulai di aceh yang katanya ada ganjanya :D
#9 Comment by iep :
On June 5, 2007 4:55 pm Mozilla Firefox 2.0.0.4 Windows XP
coba bayangin kalo ganja udah legal……ibu-ibu yang jualan sayur d pasar juga ngejual ganja per ikat……trus… petani gak nanam kacang lagi tapi malah nanam ganja……hayoooo…;))
#10 Comment by dudi :
On June 6, 2007 9:19 am Mozilla Firefox 2.0.0.4 Fedora Linux
#9: hahahaha, udah gitu nawarnya gak per ikat lagi, tapi nawarnya gini “bang, ini ganja satu amplopnya berapa? terus ini jadi berapa linting?” emang kau kira ibu-ibu itu bagian dari mafia jualan ganja apa ya iep? =))
#11 Comment by abe :
On June 6, 2007 4:34 pm Mozilla Firefox 1.5.0.12 Windows XP
Wah wah.. Pantes waktu search “ganja” di google, blog ini ke-index di urutan ke-2! GANJA muluk sih dibahas.. :D
#12 Comment by Masyarakat Anti Ganja :
On June 9, 2007 2:03 am Internet Explorer 6.0 Windows XP
klo di indonesia penggunaan ganja dilegal-kan. Artinya semua orang di indonesia be -bas mengkonsumsi ganja,baik daun kering /basah untuk apa ajeee……..mau diisep, dibuat sayur ganja,kopi ganja,dodol dll, apalagi dlm diskusi TV 8 juni 2007 oleh BNN ; potensi ekonomis serat batang ganja dibuat tas dll….. maka lengkaplah sudah Negara Indonesia dengan kategori Negara : Bebas Merokok,Bebas Mengganja….sebentar lagi mungkin Bebas Mengkorup Uang Negara. Ya Allah Ya Tuhanku..berikanlah pencera -han hati para pejabat, ulama , pemuka agama,pemuda yang sadar, pejabat MUI,para politisi yang masih punya ideologi untuk menolak dan mencegah segala bentuk kebi -jakan yang menjurus pada usaha melegalkan penggunaan daun ganja dan batang ganja dibumi pertiwi ini. Kalau alasan ganja mempunyai nilai ekonomi tinggi lantas bebas/legal dibudidayakan didaerah tropis indonesia ini…..terus mau dibawa kemana masa depan negara ini. Sudah banyak jatuh korban generasi muda ini hancur masa depannya, akibat penyalahgunaan ganja . Indonesia ini kaya raya,subur makmur, jangankan ganja , tongkat dan kayu ditancapkan : Jadi Tanaman. Belum lagi hasil tambang, perikanan, peternakan dll. Karena kita ini orang bodoh / goblok-goblok….anugerah yang halal tsb nggak bisa ngolah…jadi nggak ada hasilnya… buat rakyat. Hasilnya ada buuuanyak, tapi dikorupsi oleh bajingan-bajingan yang serakah. Nah…….sekarang dilihat ganja gampang ditanam disembarang tempat dan mempunyai nilai jual yang ok..LEGALIN ajee. Silahkan anda yang berkuasa dan mempunyai kuasa di negeri ini , apa aja yang kalian perbuat ada hisabnya dari ALLAH SWT….silahkan…..silahkan…Heee Heee……Loe belum tau klo Allah sedang menguji anda untuk memilih mana Emas,mana Kaleng rombeng….! Kami orang kecil nggak bisa apa-apa. ” Hai orang-orang yang beriman, bila disekitar lingkunganmu ada kemusyrikan , usaha merusak moral bangsa contohnya usaha melegalkan penggunaan ganja dinegaramu indonesia tercinta ,bila kamu mampu lawanlah dengan tanganmu, bila kamu tidak mampu lawanlah dengan lisanmu atau tulisan yang seperti Bagong tulis ini, atau bila kedua-duanya masih juga anda tidak mampu maka berdoa – lah dengan hatimu, mohon petunjuk agar mereka yang sedang menggodok usaha melegalkan penggunaan ganja di indonesia ini diberi hidayah dan kesadaran bahwa:ganja itu merusak moral bangsa, dan menghancurkan generasi muda. Dengan menghisap ganja dan mengkonsumsi kopi, dodol ganja kita akan flaaayyyyy…… terbaaaang……kita jadi malaaaasss dan kita jadi pemimpiiii keenakan and lupa anak istriii, lupa sholaaaaat, lupa Allaaahhh…Nauzubillminzalik…Ya Allah Ya Tuhanku Yang Maha Penyayang…. ampuni dosaku kuatkan imanku karena pasti banyak orng yang akan memusuhiku……….aminn ( bagong, anak bangsat…ehhh sorry..aku anak bangsa indonesia )
#13 Comment by dudi :
On June 9, 2007 10:07 am Mozilla Firefox 2.0.0.4 Fedora Linux
#12: mas bagong. coba di baca ulang yang saya tulis. dalam tulisan-tulisan saya tentang ganja, saya menyebutkan bahwa sebelum melegalkan ganja harus tegas dulu dipisahkan antar ganja industri dan ganja narkotika. saya juga setuju bahwa kalau penggunaan ganja untuk narkotika itu gak bagus, tapi kalo dipergunakan untuk industri, bukankah itu juga mendorong pertumbuhan industri dan bisa menambah devisa negara? hal inilah yang sering terlupakan. jadi kenapa gak kita budidayakan ganja untuk industri? :)
#14 Comment by dheche :
On June 11, 2007 8:20 am Mozilla Firefox 1.0.6 Fedora Linux
Mungkin sambil menunggu UU-nya diubah, perlu dibedakan dulu istilah ganja industri dan ganja narkotika (seperti di luar yg memakai istilah hemp dan cannabis tadi), ganja unt industri jangan lagi mempergunakan istilah ganja (soalnya istilah ini sdh identik dg narkotika). Saya ndak tau sudah ada atau belum, kalo memang sudah ada istilah tersendiri, berarti tinggal sosialisasinya. Minimal mas bagong jadi gak salah tangkap, soalnya memang banyak yg fast-reading aja nih, males baca panjang-panjang.
#15 Comment by Adri :
On June 11, 2007 11:40 am Mozilla Firefox 2.0.0.4 Windows 2000
untuk masyarakat anti ganja, menurut saya Indonesia tidak maju2x SANGAT BUKAN karena GANJA, tapi karena momok2x yang tidak bertanggungjawab, siapa? mungkin anda semua tahu. Kita bisa lihat negara Belanda, disana GANJA bebas beraturan, toh mereka bukan lagi maju, tapi modern dan sangat berkembang. Saya coba angkat salah satu contoh yang mendukung Bapak2x untuk me-LEGAL-kan GANJA, masalah kematian yang dikarenakan GANJA, berapa berapa banyak ketimbang angka yang dicapai oleh MINUMAN KERAS YANG DILEGALKAN. Efek yang ditimbulkan setelah minumpun menurut saya lebih brutal peminum MIRAS yang gaduh saat mabuk, dibandingkan orang yang menghisap GANJA yang rata2x hanya kumpul2x dengan ketawa & ketiwi ngetawain orang sampe suara ilang dan kelaparan, cape2xnya tidur, masalah fly dan malas2xan, semua balik ke pribadi. yo nge-baks duls coy.
#16 Comment by iep :
On June 11, 2007 9:19 pm Mozilla Firefox 2.0.0.4 Windows XP
#15………….SETUJU…!!!….:D
#17 Comment by dharma kencana :
On June 12, 2007 1:43 am Internet Explorer 6.0 Windows XP
GANJA…….!!!!! mengapa hal ini dibesar besarkan… mengapa….mengapa pengguna ganja diPENJARA…..mengapa orang miskin yang ketangkap polisi cuma mempunyai sebatang atau kedapatan puntung bisa dipenjara 2 sampai 5 atau bahkan 7 tahun…… GILA…..GILA memang GILA mengapa GANJA menjadi tingkat pertama dalam UU anti psikotropica….mengapa orang yang ketangkap shabu,pil pesta hukumannya lebih ringan dari pada GANJA… ADA APA INI………??????? kalau dulu saya memaklumi itu ada unsur politik tapi sekarang……lihat ….lihat sekarang !!!!!!!! istilah gerakan militerisme GAM sudah mulai tidak ada…aceh itu harus tetap menjadi bagian dari NKRI. saya sangat mendukung BNN untuk memberantas narkoba yang dapat merugikan anak bangsa…..untuk GANJA mengapa dibesar besarkan,mengapa kita dihukum bertahun-tahun karena menghisap GANJA,cobalah kaji ulang kembali peraturan pemerintah,saya sangat setuju sekali untuk memberantas narkotika yang berbau kimia yang dapat membunuh secara perlahan…GANJA…lebih cocok untuk theraphy untuk yang tidak mengerti GANJA coba baca…baca…dan baca kegunaannya bisa untuk pengobatan bisa untuk bahan industri dll,saya sangat prihatin untuk para pengedar ganja kecil-kecilan perhatikan saat ditangkap banyak orang yang tidak mampu dan orang kecil ditangkap mungkin karena tidak adanya lapangan pekerjaan dan banyak yang karena sangat terpaksa demi memenuhi kebutuhan keluarga perhatikan saat ditangkap saya kasihan sekali,saya yakin GANJA dan TEMBAKAU lebih berbahaya TEMBAKAU…. saat ini saya sangat prihatin mengenai undang-undang GANJA…. sangat tidak adil !! dampak yang ditimbulkan tidaklah separah yang di isu-isukan,saya sangat mendukung legalisasi GANJA….saya sangat mendukung BNN untuk memberantas penyalahgunaan yang berbau kimiawi,tapi mungkin pemerintah bisa lebih bijak dan arif untuk masalah ini saya kira pengguna bahan-bahan kimia itu perlu direhabilitasi bukan dipenjara untuk menghukum mati saya tidak berani meng iyah kannya tapi saya setuju untuk para pengedar ini dihukum dengan berat dan setimpal karena merusak bangsa ini saya sendiri sangat benci terhadap hal-hal yang berbau kimia saya mengerti dan tahu akibatnya bila mengkonsumsinya selain mengakibatkan kematian juga dapat merusak tulang,gigi,pungsi otak dan yang paling berbahaya yaitu HIV/AIDS….. mereka tidak sayang terhadap diri sendiri saya berpikir itu orang-orang aneh dan saya merasa jengkel tapi terkadang kasihan juga… untuk sekarang saya berharap pemerintah bisa mengkaji ulang UU tentang GANJA… untuk yang tidak setuju GANJA diLEGALKAN,coba anda lihat para pengguna GANJA itu hanya untuk theraphy sama halnya dengan ROKOK..adilkah pengguna GANJA dihukum bertahun-tahun……itu hal yang sangat menyedihkan dan sangat tidak adil mereka bukanlah perampok bukanlah pemerkosa bukanlah koruptor bukanlah penjahat atau pembunuh coba datanggi dan berbincang-bincang dengan para pengguna GANJA dipenjara mereka kebanyakan orang yang menyenangkan,mereka sangat ramah sayapun sangat kasihan dan iba mengapa mereka dipenjara,tidak ada satupun pengguna GANJA yang mati karena overdosis karena GANJA bahkan di salah-satu kejuaraan sepakbola dunia berani melegalkan GANJA untuk datang dan menyaksikan pertandingan tersebut justru ALKOHOL lah yang dilarang pada saat itu. sangatlah tidak adil bila para penggunanya dikurung,disiksa atau diperlakukan tidak senonoh…. kalaupun pemerintah tidak dapat merealisasikan legalisasi GANJA cobalah untuk menurunkan tingkat golongannya sekarang GANJA menjadi golongan pertama dan itu sangat tidak adil dan aneh para pengguna GANJA tidaklah mengakibatkan kematian atau biang rusuh seperti alkohol. itu hanyalah GANJA mengapa dibesar-besarkan. serat GANJA bisa untuk industri tas,baju,kerajinan tangan dll biji GANJA bagus untuk bahan cat yang mengkilap dan wangi serta bisa untuk makanan burung dll daun GANJA juga bisa untuk bahan makanan dibuat sayur untuk penyedap serta penambah napsu makan dll GANJA bisa untuk pengobatan theraphy HIV/AIDS,obat asma dll serta banyak kegunaan lainya. bisakah pemerintah mengkaji ulang tentang GANJA…. bila legalisasi GANJA diINDONESIA bisa direalisasikan saya yakin pengguna ganja bisa lebih teratur dalam mengkonsumsinya terbayang barapa ratus ribu bahkan juta wisatawan yang datang keINDONESIA bisa meningkatkan devisa negara dan kalau dikaji lebih dalam tanaman GANJA bisa untuk membayar hutang negara.. GANJA…hanyalah GANJA mengapa dibesar-besarkan…. terima kasih………..
#18 Comment by R_Speed@888 :
On June 12, 2007 11:18 am Mozilla Firefox 2.0.0.4 Windows 2000
Ganja itu salah satu ciptaan Tuhan YME, yang apabila digunakan sebagaimana mestinya pasti baik. Jadi lebih baik bila tengoklah dulu positifnya. Indonesia ga bisa maju, karena yang selalu dilihat pertama kali pasti negatifnya. ” Impian dan khayalan merupakan dasar dari alam bawah sadar manusia yang menjadikan manusia memiliki cita2x dan keinginan, berusaha & mengejar impian & cita2x itu dengan bekerja atau usaha. Tapi ingat, jangan pernah melupakan impian & khayalan, karena tanpa impian & khayalan maka tidak ada juga segala yang kita lihat dalam kemajuan jaman ini. “
#19 Comment by ideea :
On June 12, 2007 12:17 pm Safari 419.3 Mac OS X
haha…kita selama ini hanya korban dari konstruksi hukum yang digunakan sebagai tool bagi penguasa..knpa orang kecil yang dipenjara gara2 cimenk??mm…krena apa yah???jawab sendiri yah.. fyi, dari film westwing ada episode ttg ini kog…dan ternyata kita yang dicekokin dengan dogma2 yang tidak fair. industri rokok dimiliki oleh amerika…industri ganja dimiliki oleh gerilyawan anti amrik…jadi gak mungkin donk di setujuin melegalkan industri yang menjadi sumber dana bagi gerakan perlawanan atas amrik.. buat bung#12…sahabat..doanya tolong yang openended donk…jangan mendoakan dan menghujat orang hanya perbedaan pandangan…doakan agar kita semua dibukakan hati untuk menerima cahaya illahi sang adiluhung penguasa kebenaran…dan jikalau usaha kita untuk mencari kebenaran melewati kerikil yah semoga mendapat pahala yang setimpal dan kita sesama manusia gak perlu menjadi tuhan…profesional aja…manusia jadi manusia dan menjalankan jobdes manusia…tuhan jadi tuhan dan menjalankan jobdes tuhan..
#20 Comment by fie :
On June 12, 2007 1:17 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP
yah mungkin bangsa ini bisa tersenyum lagi bila ganja dilegalkan…. ga da lg demo dan kerusuhan,pemakai tau bates aja kali yaaah…. hidup bnn I LOVE U
#21 Comment by LUTFI :
On June 12, 2007 4:02 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP
yah mungkin bangsa ini bisa tersenyum lagi bila ganja dilegalkan…. ga da lg demo dan kerusuhan,pemakai tau bates aja kali yaaah…. hidup bnn I LOVE U
#22 Comment by cEu_LyLa :
On June 13, 2007 12:43 pm Opera 9.20 Windows XP
bukan masalah setuju atau tdk setuju dgn pelegalan ganja, tapi saya mendukung pelegalan ganja asal semua prosedur nya jelas sehingga penyaluran ganja tidak lagi ‘under ground’ dan pemakai pun lebih bisa di atasi.. oia klo perlu jgn cuma smoking area atuh bikinlah bucks area hehehehheh
#23 Comment by super heroe :
On June 15, 2007 11:43 pm Mozilla Firefox 2.0.0.4 Windows XP
hmn…. jadi dilema yach… gak bisa komentar nich…. tapi yg jelas daun ganja bisa bikin orang menjadi lebih DAMAI…..:) PISS FOR ALL…..
#24 Comment by laut yogi :
On June 16, 2007 12:23 am Mozilla Firefox 2.0.0.4 Windows XP
peace with ganja
#25 Comment by R_Speed@888 :
On June 16, 2007 12:41 pm Mozilla Firefox 2.0.0.4 Windows 2000
Cuma mau share aja, apa yang dipaparkan oleh Dharma Kencana benar dan saya dukung. Salah satu pengalaman yang saya alami sendiri (tidak mengada2x). Sejak kecil saya penderita asmah yang cukup parah, yang sampai benar2x tergantung Bricasma Inhaler (mungkin teman2x yang asmah tau yach), sampai waktu lulus smp dan menginjak sma saya kenalan dengan ganja or chimenk, cukup lama saya menghisap daun ganja ini yang pada akhirnya, kurang lebih tahun 1998an, saya tanpa menyadari asmah saya sudah tidak pernah kambuh lagi alias sembuh. dan thanks God untuk ciptaan-Mu yang satu ini.
#26 Comment by boni :
On June 16, 2007 5:14 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP
iya lah legalin aja cape parno ama polisi ngisep nyumput2..apa lagi kan jaman sekarang polisi itu entreprener bukan penegak hukum jadi masyarakat marginal penghisap ganja ya di peres terus sama polisi
#27 Comment by boni :
On June 16, 2007 5:38 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP
naikin harga rokok proteksi industri periklanan dari rokok//soalnya rokok adalah penyebab utama penuh nya rumah sakit jantung karena banyak yg mati gare2 rokok//stop brutalitas rokok skr juga!!! liat aja di jalan2 anak2 smp udah mulai ngerokok,karena efek branding gila gilaan setiap perusahaan rokok ngeracunin otak kita setiap hari… kesimpulan: rokok lebih berbahaya dari pada ganja!!! kesimpulan : mending pemerintah ngelegalisasiin ganja dan mem boikot industri rokok oh.. sama kontrol penjualan mobil harus di batesin jakarta 2015 macet total global warming udah di depan mata sob!! mending kita merokok ganja dan lupakan sejenak sifat keserakahan kita sebagai manusia// hanya dengan mabuk kita bisa berpikir normal lagi karena dunia normal sudah tidak normal WE ARE THE CHILDREN OF THE RASTAMAN WE ARE THE CHILDREN OF THE HIGHER ONE JAH LOVE!! JAH LOVE !! PROTECT US AMEN
#28 Comment by boni :
On June 16, 2007 5:47 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP
EH BIKIN SEKTE SOSIALISASI GANJA YUKS MAU GA??BUAT NGEJELASIN KE MASYARAKAT AWAM TENTANG ISSSUE DI ATAS DAN MENGGOALKAN AGENDA LEGALISASI GANJA
#29 Comment by ikma :
On June 16, 2007 7:04 pm Mozilla Firefox 2.0.0.3 Windows XP
  • ganja… tink different!!
ini bukanlah pembelaan diri… ** sepotong paramex atau sebotol cola itu lebih membahayakan dari pada selenting ganja. mengapa hal yang bisa membuat lebih baik malah di larang…aneh!! _tinjau kembali negara2 yang telah melegalkan ganja…apakah kacau setelah pelegalan?! kalau berbicara masalah ini dengan disangkutpautkan dengan agama…itu kembali ke diri masing2 person, ..! ** dua hari yg lalu teman sy bertanya (dia salah seorang vegetarian) .. wahh.. berarti klo ganja dilegalkan, berarti nanti di angkot ada dunx yg ngeganja…sedangkan orang yg merokok aja bikin sesak apa lagi orang yg ngisep ganja,,, * sy juga sempat terdiam setelah mendengar temen sy mengatakan hal tersebut…!! yg sy pikirkan hal itu dikembalikan ke pemerintah lagi untuk mengaturnya.. soalnya sy masih gak sejalan dengan budaya sebahagian orang indonesia yg KAMPUNGAN…KATRO…kasarnya mungkin TDK MENGHARGAI ORANG LAIN .. * skarng aja kalau mendapati orang yg merokok diatas angkot rasanya gak enak…(walaupun diri sy seorang perokok) jd kesimpulannya : dikembalikan ke person masing2 oranglah: bila ganja sudah dibebaskan.
#30 Comment by devin :
On June 18, 2007 12:02 pm Internet Explorer 7.0 Windows XP
loe2 pada coba liat lebih jauh donk. hidup didunia ini perlu kerja keras gimana loe2 mau kerja keras kalo dah terikat ma gele,gw juga pernah coba ganja yang gua rasa ya cuma gitu2 “SEMU” kata siapa orang pakai gele asik2,yang gw tau mereka2 itu justru gak bisa bersosialisasi,mereka punya komunitas dan dunia sendiri man!!!serba curiga sama komunitas lain di sekeliling mereka apalagi kalo ketemu orang baru.loe kalo pada mau jujur loe2 yg pro legalisai pasti pernah pakai gele,gw yakin loe juga tau kalo gele sebenernya membawa hidup loe menjadi gak normal.loe2 ada yang dah punya anak istri belum??? loe2 bayangin yang gampang aja deh,loe lagi gawe, dirumah istri loe yang harusnya gurus rumah ngedidik anak loe, gak taunya lagi ngegele,anak loe di umbar gitu aja gimana perasaan loe???????. Gitu jg tuk yang cewek gimana perasan loe klo suami loe yang harusnya kerja cari nafkah malah ketawa ketiwi seharian gara2 gele. dari opini2 ya yang gw baca gw tau bahwa loe2 pada orang pinter.opini loe kritis2,andai aja loe2 pada, mau loe2 pada bisa buat perubahan besar yang buat negara ini jauh lebih sehat,maju,bermartabat di mata dunia.
#31 Comment by nasir :
On June 19, 2007 10:39 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP
Saya setuju ada kajian mengenai ganja, menurut saya yang pertama adalah menggunakan nama ganja diganti dulu menjadi nama lain yang image-nya tidak negatif. seperti kata hemp dari mariyuana di amrik.itu stndar ganda nye amerik tuk ngelegalin ganja. tapi perlu diketahui rupanya mereka punya undang-undagnya yang mendefiniskan apa itu hemp dan mariyuana. jadi so what, kenapa kita tidak bisa bikin seperti itu, bikin nama lain buat ganja. kita buat kuis kira-kira namanya apa?… ada ide? trus sebelum UU nya dibuat tuk ngelegalin ganja, harus bikin dulu kajian-kajian yang mendukung bahwa ganja di indonesia bisa dimanfaatkan gt lo. syaratnya, kita harus buat pusat kajian ganja yang terbatas, misalnya lokasinya hanya di aceh , buat pusat kajian ganja di aceh, trus penelitiannya terisolir, buat deh pilot projectnya yang terrecord secara rapi. strategi kajiannya yang dasar-dasar dulu aje, dan pemanfaatannya coba yang tidak menyentuh ganja secara lanhsung oleh manusia. seperti pemanfaatan ganja tuk ternak, tuk tekstil, tuk minyak suplemen hewan, dsb, praktisnya sebelum UU nasional terbentuk, buat saja UU daerah di aceh yang melegalkan penelitian tersebut. atau ada jamianan dari INIDA tuk pelaksanaan penelitian tersebut.
#32 Comment by dharma kencana :
On June 20, 2007 12:58 am Internet Explorer 6.0 Windows XP
ganja membuat orang hidup tidak normal…. ?????? nga kok mas masi masi berpikiran sehat………. tidak anarkis dan brutal…………… mengapa dipenjara mas…… ADIL nga ?? dipenjara karena GANJA yang tidak berbahaya ??? mas kalo masuk penjara gara gara hal yang tidak merugikan dan tidak membahayakan dan tidak berbuat jahat….?? ….. binggung aneh sekali…..] dipenjara nya serasa tidak adillll … dan kadang kadang diperasss… lihat shabu,etep dan pil pil lainya….itu yang harus diberantas……karena terbukti sangat berbahaya… tapi itu semua hukumannya lebih ringan daripada GANJA,…. klalo pun legal diharuskan untuk tidak didepan umum……….bener sekali diindonesia sangat kuat kampungannya….
#33 Comment by rifqy :
On June 20, 2007 2:59 am Mozilla Firefox 2.0.0.4 Windows XP
gila apa…gak usah di besar2in lah..apalagi bawa2 tuhan,pejabat lah..pikir deh!knp gak kita ambil sudut positiv dari ganjanya aja sih?sekarang mo jadi pemimpi kek, pemalas kek itu bergantung pada kalian masing2 itu salah oknumnya bukan ganjanya!maju teruss!legalkan ganja!
#34 Comment by Epat :
On June 20, 2007 2:34 pm Mozilla Firefox 2.0 Windows 2000
Pak Dudi Gurnadi Karta… mau investasi kebun ganja yah? hahaha aku kapok nyebul bareng awakmu :-P
#35 Comment by PapiOke :
On June 26, 2007 2:13 pm Mozilla Firefox 2.0.0.3 Windows XP
saya sangat mendukung usul ttg perubahan UU narkotika yg melegalkan ganja. di luar negri, ganja sudah terklasifikasi menjadi 2 yaitu ganja untuk penggunaan industri dan ganja yg masuk kategori narkotik krn mengandung THC tinggi. kadar ganja yg masuk klasifikasi industri dibuat serendah mungkin dan biasa di sebut “HEMP”. banyak yg bisa di pergunakan dari ganja/HEMP selain bisa digunakan untuk bermacam2; THE WONDER PLANT Hemp has a higher quality fiber than wood fiber. Far fewer caustic chemicals are required to make paper from hemp than from trees. Hemp paper does not turn yellow and is very durable. The plant grows quickly to maturity in a season where trees take a lifetime. 1.ALL PLASTIC PRODUCTS SHOULD BE MADE FROM HEMP SEED OIL. Hempen plastics are biodegradable! Over time, they would break down and not harm the environment. Oil-based plastics, the ones we are very familiar with, help ruin nature; they do not break down and will do great harm in the future. The process to produce the vast array of natural (hempen) plastics will not ruin the rivers as Dupont and other petrochemical companies have done. Ecology does not fit in with the plans of the Oil Industry and the political machine. Hemp products are safe and natural. 2.MEDICINES SHOULD BE MADE FROM HEMP. We should go back to the days when the AMA supported cannabis cures. ‘Medical Marijuana’ is given out legally to only a handful of people while the rest of us are forced into a system that relies on chemicals. Pot is only healthy for the human body. 3.WORLD HUNGER COULD END. A large variety of food products can be generated from hemp. The seeds contain one of the highest sources of protein in nature. ALSO: They have two essential fatty acids that clean your body of cholesterol. These essential fatty acids are not found anywhere else in nature! Consuming pot seeds is the best thing you could do for your body. Eat uncooked hemp seeds. 4.CLOTHES SHOULD BE MADE FROM HEMP. Hemp clothing is extremely strong and durable over time. You could hand clothing, made from pot, down to your grandchildren. Today, there are American companies that make hemp clothing; usually 50% hemp. Hemp fabrics should be everywhere. Instead, they are almost underground. Superior hemp products are not allowed to advertise on fascist television. Kentucky, once the top hemp producing state, made it ILLEGAL TO WEAR hemp clothing! Can you imagine being thrown into jail for wearing quality jeans? (maaf blom sempat diterjemahkan, yg pasti info2 diatas sudah saya lihat dengan mata sendiri keasliannya) silahkan cek link berikut: http://www.world-mysteries.com/marijuana1.htm http://www.world-mysteries.com/newgw/marijuana_sql_dy.htm
#36 Comment by rocky swagel :
On June 26, 2007 2:32 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP
GANJA……..IS………good….. mengapa ganja ga boleh dilegalin…? orang2 yang bodohlah yang mengatakan ganja itu merusak,dan membuat orang2 kecanduan klo orang yang kontra dengan pelegalan ganja pasti mengatakan ganja itu hanya membuat oarang ketagihan dan membuat orang jadi males-malesan tapi itu cuma opini yang salah dan omong kosong oleh orang2 yang tidak mengetahuinya saja Seperti masyarakat yang vegetarian,mereka ga makan daging kan!!!! tapi apa iya mereka ngelarang orang-orang yang makan daging…. hheheheh sangat lucu…. jadi itu hanya masalah kebiasaan dan ga perlu dilebih2kan klo lu ga suka ganja ya ga usah dikonsumsi ga usah pake sewot segala emang ada didalam kitab2 suci yang ngelarang jangan menghisap ganja????? jadi buat lu2 orang yang ga setuju ma ganja,ngomong ama TUHAN aj sana!biardidalam kitab suci agama2 yang lu anut ditulis pelarangan ganja buat umaat2nya hahhahahahha liat aj kaum rastafara/i yang menggunakan ganja itu sebagai alat meditasi mereka salahhh……..??? engga kan…..!!!! itu sudah jadi tradisi mereka sekarang yang ga setuju ma ganja,marah aja ama TUHAN kan dia yang ciptain GANJA trus buat apa UUD 45 yang memampangkan jelas seluruh isi alam indonesia boleh digunain dan dimanfaatkan oleh warga indonesia trus ganja juga banyak fungsinya bisa dijual…. kan bisa buat pemasukan negara dan buat orang orang yang mengatakan klo da ngisap ganja kita akan menjadi menghayal terus,itu emang benar tapi disitulah daya imajinasi manusia keluar bukannya itu suatu kebaikan yang pasti gw akan sangat mendukung rencana BNN untuk melegalkan ganja diindonesia dan klo ada yang mengatakan klo ganja dilegalin masyarakat indonesia akan goblok dan terpuruk. jawabannya adalah mengapa belanda tidak terpuruk seperti yang dipaparkan dharma kencana diatas. hiduuup BNN perjuangkan pelegalan ganja dan 1 lagi yang harus lu ingat gw bukan seorang pengkonsumsi tapi saya sebagai seorang yang mengamati dan memberi pendapat. terimah kasiiiihhh
#37 Comment by borne :
On June 26, 2007 5:14 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP
oh ganjaku akhirnya km difikirkan oleh pemerintah juga setelah sekian lama km jadi musuh masyarakat dan pemerintah… akhirnya km jd satu2nya solusi negara keparat ini… semoga indonesia menjadi negara maju yang berlandaskan ganja… enak pancen nulis comment karo ngganja… aduh capek deh….. udah parno nih………. (moga aj parno ini bakal berakhir) hehehe :D
#38 Comment by borne :
On June 26, 2007 5:17 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP
oh iya, saya juga SETUJU dengan pelegalan ganja… karena tidak ada ganja maka ganja tidak ada… hehehehe :D indonesia ben tambah pinter setitik, g cuma ngomong tok, opo maneh presidene, EDAN
#39 Comment by dharma kencana :
On June 27, 2007 12:14 am Internet Explorer 6.0 Windows XP
OOOOOOOOIIIIIIIIIII baca tah !!!!! hoyyy teman -teman……. kita bukan kriminal………… Ganja Ungguli Serat Baja? MARIJUANA, ganja, narkotik, hemp, hashish, merupakan segudang nama untuk satu tanaman yaitu Cannabis sativa. Tentu saja nama-nama di atas sudah tidak asing bagi orang-orang di dunia. Hampir di berbagai media massa maupun elektronik selalu ada saja kasus yang berkaitan dengan ganja, bahkan banyak film-film yang mengupas tentang ganja ataupun narkotik ini. Cannabis sativa merupakan jenis tanaman herba tahunan yang tingginya dapat mencapai 4 meter. Adapun batang dewasanya kaku dan berserat, susunan daunnya oposit, dan menjadi alternatus di akhir cabangnya, sedangkan tiap daunnya berbentuk palmatus (menjari). Bunganya tidak dapat dilihat dengan mata telanjang karena kecil, hanya sekira 0,5 cm dan tersembunyi, serta berwarna hijau yang rancu dibedakan dengan warna daunnya. Berbagai varietas tanaman ganja ini ada yang hanya memiliki bunga betina, bunga jantan, dan ada juga yang memiliki kedua jenis kelamin bunga. Kantong sari bunga jantan melepaskan pollennya dengan bantuan angin ketika akan melakukan persarian dan fertilisasi. Tanaman ganja merupakan tanaman asli daerah tropis di Asia. Kini sudah ditanam hampir di berbagai negara di dunia dengan beragam kondisi iklim dan tanah. Perbedaan iklim dan varietas khusus memengaruhi akan apa yang dihasilkan Cannabis sativa ini. Serat dihasilkan dari varietas Cannabis sativa yang tangkainya panjang, cabangnya sedikit, dan hanya menghasilkan sedikit biji, selain itu juga tumbuh subur pada iklim dengan temperatur yang tidak ekstrem, dan bercurah hujan sekira 670 mm/tahun. Sedangkan minyak dihasilkan dari varietas yang pendek, matang lebih awal, dan menghasilkan banyak biji. Dan penghasil obat atau drug, tanamannya pendek, bercabang banyak, dengan daun-daunnya yang hijau tua. Ketiga jenis varietas ini dibedakan berdasarkan tinggi tanaman, banyak cabang, dan karakteristik lainnya. Bahkan laporan penelitian Central Asia, Hindustani, and Eurosiberian Centers of Diversity menyebutkan, tanaman ini tahan terhadap berbagai penyakit, kekeringan, jamur, pH yang tinggi maupun rendah, serangga, laterit, myobacteria, tanah yang kurang subur, berbagai kemiringan, dan juga hadirnya rumput-rumput liar. Secara umum, marijuana alias ganja tumbuh subur di area yang fertil (subur), tanahnya kaya akan nutrisi dan bersifat netral atau sedikit alkalis. Berdasarkan catatan statistika Cool Temperate Steppe to Wet through Tropical Very Dry to Wet Forest Life Zones dituliskan, marijuana toleran pada kondisi alam dengan curah hujan antara 300 – 4.000 mm/tahun dengan curah hujan optimum 99 mm/tahun, temperatur tahunannya antara 6 – 27 oC dengan suhu optimum 14,4 oC, dan pH antara 4,5 sampai 8,2 dengan pH optimum 6,5. Pertama kali tanaman hemp ditumbuhkan di Cina sekira 500 tahun yang lalu. Saat ini hampir semua ngara di dunia menanamnya. Dan Cina pula menjadi awal temuan kegunaan ganja dengan mengambil minyaknya sebagai bahan bakar lampu. Bahkan kini dipertimbangkan sebagai salah satu alternatif produk minyak bakar, karena sangat mudah dihasilkan dan tidak menimbulkan kebakaran. Selain menghasilkan minyak, Cannabis sativa menghasilkan serat berkualitas paling baik, bahkan lebih baik dari kapas. Demikian pula kertas tanaman hemp jauh lebih baik dari pohon-pohon lain. Di AS pernah digunakan sebagai bahan dasar tali, dan dibutuhkan untuk para tentaranya pada PD II. Berita terakhir penggunaan tanaman ganja dalam menyokong kehidupan Homo sapiens seperti diberitakan IPTEKNET pada tanggal 3 Mei 2004 adalah pemrosesan ganja oleh para pakar teknik kimia dan kimia terapan Universitas Toronto, Kanada yang dipimpin Profesor Mohini Sain, menjadi serat material biokomposit berkekuatan tinggi. Serat itu kelak dapat dibuat sebagai material struktural untuk beragam komponen, mulai dari komponen yang berat seperti komponen bodi mobil, kontruksi bangunan dan jembatan, sayap pesawat terbang, maupun peralatan ringan seperti helm (pelindung kepala), alat pacu jantung buatan, dan kantong penyimpan darah. Diberitakan pula, kekuatan serat biokomposit yang dihasilkan tanaman ganja sama kuat, bahkan melebihi kekuatan serat baja. Keunggulan lainnya adalah lebih ringan, lebih efisien energi, bersifat renewable (dapat diperbarui kembali). Maka, di masa depan penggunaannya dalam industri skala besar akan mampu mengurangi konsumsi petrokimia maupun gangguan lingkungan hidup berupa terjadinya efek rumah kaca. Terjadinya dampak buangan sisa yang merugikan sedikit berhubungan dengan bahan campuran plastiknya yang bersifat bioplastik yang biodegradable atau mudah terurai, sehingga bahan tersebut dinyatakan green atau ramah lingkungan. marijuana tetap saja merupakan tanaman yang kontroversial di samping kegunaannya yang menguntungkan masyarakat, yaitu sampai saat ini banyak yang menggunakannya sebagai alat senang-senang alias fly. Bahkan di Amerika diperkirakan 30 juta penduduknya mengisap marijuana, demikian pula di Indonesia dengan semakin banyak berita yang memuat kasus narkotika. Inggris melarang keras penggunaan Cannabis sativa yang di sana terkenal dengan sebutan herbal medicine at it most controversial, walaupun jelas-jelas digunakan untuk menghilangkan rasa sakit para penderita penyakit kronik dan sklerosis. Dan tentu saja mengundang kemarahan para dokter dalam perkumpulan House of Lords Select Committee on Science and Technology yang telah menetapkan cannabis sebagai obat spesifik yang diberikan di bawah pengawasan dan treatment. Menurut para dokter di perkumpulan itu, pemerintah Inggris hanya melihat sisi buruk cannabis sebagai obat fly pemuda-pemudi Inggris, dan disayangkan pemerintah tidak mengetahui sifat theurapetical (pengobatan) dalam dunia kedokteran. Keadaan ini jauh berbeda dengan negara Swiss dan Belanda yang secara terang-terangan mengizinkan penggunaan tanaman cannabis, entah untuk keperluan medis atau untuk fly. Virus ”Herpes” Pada akhir pertengahan abad ke-19, ekstrak marijuana merupakan obat kedua yang direkomendasikan untuk dunia kedokteran. Adapun bagian-bagian dari tanaman cannabis memiliki sifat yang berbeda. Seperti bahan aktif kimia dengan konsentrasi tinggi dikandung bunga betina, sedangkan bagian daunnya hanya mengandung sedikit bahan aktif kimia dan tidak terdapat bahan aktif kimia pada bagian biji. Dan karenanya semua yang berkepentingan pada ganja lebih memperhatikan keadaan bunganya daripada bagian lainnya. Sampai saat ini sudah ditemukan berbagai macam penyajian bunga cannabis tersebut, diisap, langsung dimakan, ataupun dicampur dalam teh, atau bahkan dikeringkan yang dikenal dengan nama hashish. Komponen bahan aktif kimia yang terkandung dalam cannabis adalah cannabinol, cannabidinol, dan tetrahydrocannabinol (THC) yang terdiri atas delta-9-THC dan delta-8-THC. Delta-9-THC diketahui dapat menghambat replikasi dari virus Herpes simplex. Secara medis sifat-sifat cannabis adalah tonic (penguat), intoxicant (keras), stomachic, antispasmodic, analgesik (penghilang rasa sakit), sedative (penenang), dan anodyne (penenang). Biji dan daun cannabis digunakan dalam perawatan kanker dan tumor. Jamu-jamuan dari akar cannabis dapat menyembuhkan penyakit tumor dan kejang perut, selain itu juga dapat digunakan untuk penyakit antraks, asma, keracunan darah, bronkitis, luka terbakar, batuk, diare, disentri, epilepsi, demam, migren, rematik, dan masih banyak lagi penyakit yang menggunakan jasa cannabis untuk sembuh. Sifat toksik (racun) terbesar pada tanaman cannabis terletak pada tangkai bunganya. Namun perlu diingat, bagian tanaman lainnya juga mengandung sifat toksik dan dapat mengakibatkan inkoordinasi otot, pusing-pusing, susah konsentrasi, kebingungan, susah berjalan, mulut kering, dysphagia, dysarthria, penglihatan kabur, dan muntah-muntah. Bahkan mengonsumsi ganja dalam dosis tinggi menginduksi koma dan kematian akibat gagal jantung. Di Indonesia, tanaman ganja banyak tumbuh di Aceh yang notabene merupakan rahasia dapur masak bagi ibu rumah tangganya, sehingga dihasilkan makanan yang sedapnya bukan main. Bagaimanapun juga, dengan tetap berpegang pada prinsip penggunaan ganja atau apa pun yang terlalu atau berlebihan dapat merugikan dan hasilnya tidak seperti yang diharapkan, seperti yang menjadi semboyan semua orang di AS dari berbagai lapisan mengenai ganja, yaitu ”Toxic only if large quantities eaten (beracun jika dimakan berlebihan)!”*** Sri Nurilla Fazari, Mahasiswa Biologi ITB.
#40 Comment by dharma kencana :
On June 27, 2007 12:25 am Internet Explorer 6.0 Windows XP
mannnn….add aja oke di friendster weh nya…..dharma_kencana@yahoo.com GANJA LEGALIZE IT…. DRUGS IS NOT FUN….. STOP THE MADNESS………
#41 Comment by Paulus Bayu :
On June 27, 2007 11:07 am Mozilla Firefox 2.0.0.1 Windows XP
Duh.. orang indonesia ini aneh… baru opini aja udah pada diributin malah bsia asmpai berantem. mbok ya ditunggu hasilnya dulu baru komentar… pantesan kalo ada acara balbalan malah banyak komentatore daripada penontone…
#42 Comment by HyBriD :
On June 28, 2007 12:33 pm Opera 9.21 Windows XP
kalian itu pada ngapain,keputusan adalah no:1 ganja legal bukan bearti bebas di jual s’perti yang di bilang dudi dan iep hanya kalangan tertentu aja yang bisa pake.dan penjualan ganja pasti ga mungkin sembarangan kalian mugkin harus dapet resep dokter untuk beli ganja,itu pun d batasi ga mungkin lo2 dapet beli ganja 1 kilo dengan mudahnya.sebenerna cuma politik aja,maka berbahagialah bagi bokap&nyokap lo yang jadi dokter.dan kalian2 para dokter2.kecuali hewan.udah ndak sah pada nangis…
#43 Comment by Aqiel :
On June 29, 2007 4:21 pm Mozilla Firefox 2.0 Windows XP
Selamat! Bapak Wapres udah dukung ide Om Dudi ;)) coba liat ini
#44 Comment by vernon :
On July 3, 2007 7:09 pm Mozilla Firefox 1.5 Windows XP
LEGALIZE IT
#45 Comment by boyy :
On July 4, 2007 7:36 pm Mozilla Firefox 2.0 Windows XP
sewaktu saya masih duduk dibangku sma,ada teman saya yang sering sekali mengisap ganja,sering saya perhatiakan teman saya itu raut mukanya redup,matanya agak kemerahan seperti kurang tidur dan tubuhnya agak kurus dan sedikit membungkuk dan lebih memperhatinkan lagi daya ingat dan daya tangkap lemah tidak seperti anak2 lainnya.dan saya juga perna mencoba mengisap ganja tersebut rasanya ngantuk dan keseimbangan tubuh menurun.itu sekilas cerita APAKAH legalitas Ganja itu harus ADA,dan BAGAIMANA NASIP ANAK2 GENERASI PENERUS BANGSA INI KALAU GANJA ITU DILEGALKAN.Para pemimpim bangsa ini harus berpikir yang matang supaya tidak salah dalam mengambil keputusan
#46 Comment by Anti Kemunafikan :
On July 5, 2007 12:18 am Internet Explorer 6.0 Windows XP
LEGALITAS GANJA DAN KOTORNYA SISTEM EKSTERNAL PEMERINTAHAN… Semua orang juga sudah tau kalo ganja itu banyak manfaatkannya, walaupun sisi negatifnya ialah memabukkan. sebenernya yg perlu kita kaji disini ialah diri kita, dan masyarakat. Negara kita adalah republik, yang dipimpin oleh presiden dan berlandaskan pancasila. namun kalo ada ahli agama berbicara tentang ganja itu haram, memabukkan, merusak moral ato apa kek, maksudnya apa? katanya kita punya kebebasan beragama, kebebasan memeluk agama masing2, saling menghargai kepercayaan masing2, nah kalo emang dia punya saran kaya gitu ya udah, itu kan kata dia. TRUS NGAPAIN LOE BICARA SEOLAH ATAS NAMA AGAMA ELO…? EMANG LOE YG NULIS KITAB..? KALO PUN ENGGAK, EMANG CUMAN LOE DOANK YANG BENER2 NGERTIIN KITAB..? yang namanya kepercayaan, pasti dari diri masing2, langsung menuju yg diatas, atas keyakinan masing2… sori aja, gue g punya satu pun kepercayaan ma ahli agama, gue percaya ma yg diatas, walaupun ahli agama itu juga atas nama agama gue… dia bukan berbicara atas nama agama, atas namanya + OTAK nya sendiri… pas ada gini2, mesti ngomong, padahal ahli agama di indonesia adalah BISNIS PROFESI YANG LAGI MARAK DIMATA MASYARAKAT……….. politik dapet, uang dapet, kadang2 KKN lancar… ok punya, mereka yg punya hak dan kebebasan berpendapat malah dipandang sebelah mata… yang dibilang preman lah… penjahat lah… BANGSA INDONESIA MENJADI SEPERTI INI ADALAH KARENA DIDIKAN PEMERINTAHAN YANG SUDAH TERLALU BANYAK DIKOTORI OLEH TANGAN2 JAHIL DILUAR PEMERINTAHAN… kita mo mabuk kek, mo jungkir balik, ngapain loe ngurus..!!! gue kagak ganggu loe… ngapain loe ganggu gue…? kalo gue katain loe anjing, mo g? :D
#47 Comment by peppy :
On July 5, 2007 5:20 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP
ganja lagi…..ganja lagi…. asik Bro Lihat Belanda,lihat canada peace2 aja
#48 Comment by ponti :
On July 5, 2007 7:49 pm Internet Explorer 6.0 Windows 2000
Setuju abbbiiisssss…….Ga ada orang rusuh gara2 ganja,trus knapa dilarang…!!!!Mending polisi ngerjain kerjaan yg lbh penting drpd nangkepin org yg ngebags. Hidup chimeng…!!!!!????
#49 Comment by BaksLags :
On July 8, 2007 10:08 pm Mozilla Firefox 1.5.0.9 Ubuntu Linux
Yang bikin gw bingung kenapa minuman2 beralkohol dijual bebas dan gampang bgt dpt nya ?? padahal kalo diliat2 alkohol itu biang rusuh ! ya ga si ? ada yg pernah liat orang berantem/bikin rusuh karena cimeng ?? kalo gw si belum… mudah2an pemerintah dan BNN bisa mengkaji lagi tentang baik buruknya ganja kalo di konsumsi secara berlebihan….. But to be honest,i dont give a damn man !! i just want to feel free whenever i want to smoke some joint !! heheh…. Baks lagi ahhhh…… no offense,piss ^^V
#50 Comment by BaksLags :
On July 8, 2007 10:39 pm Mozilla Firefox 1.5.0.9 Ubuntu Linux
om2 diatas…. bagi info dong… cuman nanya looh,ga ada maksud apa2.. ada ga sih larangan nyimeng di suatu agama ?? soalnya lom pernah denger nih.. bagi2 ilmunya yahh,,,,
#51 Comment by koko :
On July 24, 2007 9:35 am Internet Explorer 6.0 Windows XP
ganja ,, sebenar nya itu barang terLarang atau tumbuhan terlarang ?? sebenar nya aku seorang pemadat yang sampe sekarang masih menikmati ganja !! dan aku pengen kLo ganja itu gak di larang dan kLo emang di larang ,, brantas donk sampe ke akar-akar nya,,, jangan cuma rakyak kecil aja yang jadi sasaran nya,, kenapa gak sekalian aja orang yang di atas juga di berantas, karena menurut aku banyak juga oknum aparat yang mau memakai GANJA dan kenapa mereka tidak di tindak ?? apa hukum di INDONESIA berlaku buat rakyat kecil ?
#52 Comment by koko :
On July 24, 2007 10:21 am Internet Explorer 6.0 Windows XP
GANJA ( bukan termasuk NARKOTIKA ) itu kan cma tanaman hasil alam kenapa di larang dah giLA pemerintah nih,,, NARKOTIKA tuh ( sabu-sabu,INEX PUTAW )tuh yang harus di brantas ” setuju pelegalan GANJA ” :)
#53 Comment by lukman :
On July 25, 2007 12:34 am Mozilla Firefox 2.0.0.1 Windows XP
pernah denger gak klo ganja merupakan salah satu alat untuk perdamaian??? klo qt biz ngegele prnh gk ada niat kriminal??? gk pernahkan!!!! cepat legalkan ganja, karena termasuk SDA indonesia yg potensial….dan ganja dapat menyatukan persaudaraan. di tunggu kabarnya!!!! ganja dari alam n qt harus manfaatkan. gw pgn bgt ngegele didpn umum n polisi. semua damai tidak ada lagi ribut2…
#54 Comment by gENdOlz :
On July 28, 2007 11:39 am Internet Explorer 6.0 Windows XP
” nuNGgu gaNja leGaL “ usul yang bgus… biar bangsa INDONESIA damai piZz N LooPh :)
#55 Comment by Big Fat Ass!! :
On July 30, 2007 1:57 am Internet Explorer 6.0 Windows XP
Ganjo…na mudo na ganjo na gayo huh.. hehe.. Ganja,Goood Marijuana..kenapa semua musti musingin harus legal ato ngga!! Tuh tanaman tumbuh sejak dari yang namanya undang-undang itu belum dibuat dengan segala permainan kata didalamnya seperti sekarang ini.emang klo kita ngisep ganja kenapa siih? it’s just a weed man!! ngga akan bikin kita sekarat ato mokat!! udah sih ga usah mikir terlalu tegang,santai man..yang penting klo kita mau serius bangun negri ini biarpun ngisep ganja pun klo emang niat bangun bangsa pasti bisa kok!! yakin gw.. Merdekaa!! Kalau seandainya kita terlalu menilai sesuatu hal dari sisi negatif mulu pastilah ga akan pernah kita bisa tau apa manfaat dari sisi positifnya,dan jangan menutup mata klo ganja banyak manfaatnya.. Dan ahkirnya klo blh usul klo kita berkomitmen pelagalan ganja harus buat peraturan yang ketat, such as anak dibawah umur dilarang membeli dan megkonsumsi ganja,berikan pajak setiap ganja yang dijual dan gunakan uangnya untuk devisa negara or some shit like that lah…yah setidaknya dengan melegalkan ganja kita bisa menghormati hak-hak orang yang menggunakan ganja, mereka jg manusia man..janganlah kita jd bangsa yang penghukum,tp jadilah bangsa yang mempuyai jiwa yang arif…ok man,keep Indonesia comfort..and Kick ass those fuck’n Terorist Bastard!! Peace…
#56 Comment by abaii :
On July 31, 2007 9:39 pm Internet Explorer 7.0 Windows XP
gua setuju bgt kalo ganja di bebasin aja,gua dah bosan make diam diam.kalau da legal kan bisa di bawa kemana mana nih,iya anak anak sumatra pada setuju,sumatra bersatu.
#57 Comment by sicktrash n simon :
On August 2, 2007 4:47 am Internet Explorer 6.0 Windows XP
hik…hik…hik…!yang pasti ditunggu pedagang gnja yang resmi dari BNN biar ga parno nge ganja depan gank
#58 Comment by sicktrash n simon :
On August 2, 2007 4:50 am Internet Explorer 6.0 Windows XP
hidup BNN n INIDA kalo jadi ngelegalin ganja….tapi kalo ga jadi legal yang ada kita bakalan perang dingin ma intel 2x yang sebenernya juga doyan ganja
#59 Comment by imron :
On August 2, 2007 10:38 pm Internet Explorer 7.0 Windows XP
sebenarnya gnja itu,gak boleh di jadikan hak hukum,karna ganja itu tidak pernah melekukan kejahatn ataupun kriminallitas,saya minta pada para anggota yang ada diseluruh indonesia,tolong bebasin donk ganja itu,karna ganaj itu tumbuhnya juga alami,dan juga bukan buatan,jadi saya harap para anggota tidak akan pernah bisa untuk melakukan pembasmian terhadap ganja tersebut,kami sebagai pemakai ganja ,selalu ingin memakai ganja tersebut selagi dia masih ada di aceh,peace for aceh.kasian deh lo anggota ,nggak bisa tangkap kami.hahahha
#60 Comment by tetrahyrocannabinol :
On August 20, 2007 12:40 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP
…….buat masyarakat anti ganja……… …..gw asepin, ngakak lw…… ………LEGALIZE IT!!!!………..
#61 Comment by dharma kencana :
On August 22, 2007 11:34 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP
add di sini donk untuk silaturahmi..difriendster ajah yahhh email nya ada di atas mang
#62 Comment by dharma kencana :
On August 22, 2007 11:36 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP
dharma_kencana@yahoo.com ni emailnya mang dan neng
#63 Comment by kojec :
On August 23, 2007 2:21 pm Mozilla Firefox 1.5.0.12 Windows XP
hore… jd rame skali…. o treh lahhh,get ready 4 ever rebel, kbr trbaru dr tanah athjeh ; Rektor Unsyiah paparkan sisi positif ganja. Serambi Indonesia 3 Agustus 2007- ktnya ada program alternatife development bareng LSM dan BNN ampe taun 2020. juga kerjasama penelitian ilmiah dari Unsyiah ama slhstu universitas dr australia. koran itu terbit pd hr jumat dmana hasil SPMB diumumkan,sehingga terjual habis dmana2 diskitar atjeh… oks lah bro… prjuangn msh pnjng salam bikin lg 2x,bakr lg 2x W ‘wll 4evr cheers!
#64 Comment by vernon :
On August 28, 2007 4:45 pm Mozilla Firefox 1.5 Windows ME
legalize it legalize it
#65 Comment by mimie :
On September 1, 2007 1:58 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP
ada apa ini?.. :)yang setuju ganja dilegalkan angkat tangan…
#66 Comment by onyvay :
On September 3, 2007 3:13 pm Mozilla Firefox 2.0.0.3 Windows XP
Indonesia adalah Produsen Ganja Terbesar di Dunia, mungkin ganja kita is “The best Quality” di bandingkan dengan ganja dari negara lain. sebenarnya kalo pemerintah jeli dalam hal ini, ini merupakan penghasil Devisa yang sangat besar kalo dilihat dari fungsi dan kegunaan Ganja. Semoga aja Pemerintah sadar akan hal ini. Ok, kalo Ganja dianggap merugikan generasi muda kita, namun kalau dilihat secara politik luar negeri kenapa kok gak dibuang ke negara maju ? biar negera maju itu bisa hancur dan Indonesia semakin berjaya !!! Hehehehehe Memang ini ide yang sangat gila……. (^_^) Hidup Ganja, Ganja is the inspiration source !
#67 Comment by onyvay :
On September 3, 2007 3:19 pm Mozilla Firefox 2.0.0.3 Windows XP
Mungkin dengan mengkonsumsi Ganja, Penduduk Indonesia BAkal Jadi Pinter-pinter. karena untuk membangun atau merancang suatu teknologi dibutuhkan imajinasi yang hebat. Ganja adalah salah satu yang bisa membantu berimajinasi(yang positif) yang negatif diabaikan saja. karena terus terang pengalaman waktu makai ganja pada saat megerjakan tugas proyek kuliah dulu bisa memberikan ide-ide yang cemerlang. kalau aku sangat amat setuju Gajnja bisa Legal !!! :D
#68 Comment by erviens :
On September 10, 2007 5:15 am Opera 9.20 Windows XP
hihhi ribut aja… ikutan ah… siapa yg tidak pernah pake ganja..?? faktanya ganja itu enak… harus diakui itu..tapi pengaruhnya ga bagus..so gue berhenti :)… gmana klo penggunaannya hemp utk industri dilegalin n’ ganja untuk narkotik dibatasi… toh efeknya ganja buat penenang aja.. jadi boleh digunakan untuk yg lagi pusing hehehe.. sekedar info hemp diamrik digunakan utk bamper mobil krn seratnya lebih kuat dari serat baja…
#69 Comment by mahasiswa ideal :
On September 13, 2007 12:31 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP
BNN sendiri seharusnya memberikan penjelasan yang jelas agar beritanya tidak simpang siur seperti ini,, Tentang mengapa ganja harus dilegalkan dengan alasan yang logis dan menguatkan sehingga bisa diterima kalau pendapat pribadi terus terang saja saya tidak setuju,, untuk apa ganja dilegalkan kalau pada akhirnya malah menjadi kontroversi seakan-akan pemerintah ini bukan memberi solusi malah seperti gali lubang dan tutup lubang,, Memangnya tidak ada tanaman lain di Indonesia yang bagian tanamannya bisa digunakan untuk industri lalu bagian yang lain bisa dipakai sebagai bumbu dapur dan lain sebagainya Kalu hanya untuk membahas itu, lebih baik kita membicarakan hal yang lebih pentig lagi yaitu mengenai global warming..setuju??
#70 Comment by Big Fat Ass!! :
On September 15, 2007 11:17 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP
Waazzzzaaap Maaan..tetep ngbaks kan..gimanapun juga klo yang namanya ngeganja jangan pernah ditanyaken lagi khasiatnye,udah pasti lo bakal “more happier” ga cuma itu sih,yang pasti manfaatnya yg positif jg banyak seperti yang udah dipaparkan temen2 diatas,gw pun jg pernah ngerasain apa positifnya ngeganja, contoh mudahnya,gw jd lebih ‘dalam’ waktu menilai sesuatu,apa aja gw pikir lebih panjang sebelum gw bertindak..tull gaakk…gw jadi ngertiin apa masalah dalam keluarga, apa itu bkn suatu nilai yg positif biarpun sedikit,tp bt gw itu udah perubahan yg sangat bagus dalam hidup gw. yaah terserahlah lo semua mo ngomomg apa yg jelas banyak hal yg positif udah gw jalanin setelah gw ngebaks.. ok man, segara jalankan pelegalan ganja ok..Peace Man!!
#71 Comment by topipet :
On September 17, 2007 12:13 am Mozilla Firefox 2.0.0.5 Windows XP
hehehe… gw ga pernah denger orang abis ngeganja trus buat kriminal.. yang ad orang mabok miras pd kriminal… “legalkan ganja”
#72 Comment by vernon :
On September 26, 2007 11:10 am Mozilla Firefox 2.0.0.7 Windows XP
akow setuju gimana ya. capek kita ngebahas nyA kalau akow pribadi ganja ga berbahaya amat.tergantung orang nYA juga.kalau ada yang bilang ganja itu bikin bodoh. itu nonsen.apapun ceritanya kalau bodok bodohnYA.pintar ya pintar setuju ga (do u agree).ganja menurut akow adalah suatu ciptaan tuhan yang murni. bukan olahan seperti sabu sabu atau kokain yang artinya original.tinggal petik daunnya,jemur.sabu diolah, kokain diolah juga,inex lagi,apalagi miRAs.PokoknYA saya tidak Mau Tahu . Gak yahu sayA. Ma tau wa. itu ganja harus dilegalkan.; legalIze iT legalize It
#73 Comment by casanova :
On September 26, 2007 2:51 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP
sy sembuh total dari kecanduan ganja aceh setelah make selama 5 tahun, tapi selama 10 tahun saya belum tersembuhkan sejak putus dari cewek aceh; yang berkulit putih…bermata coklat terang, pipi yang kemerahan… tolong BNN, cewek aceh ikut ditertibkan juga ya… love 4 all
#74 Comment by GembeLâ„¢ :
On October 9, 2007 6:36 am Opera 9.22 Windows XP
Wawkwkwka… Ahh…tergantung cuy..!! balik lg ke diri kita sendiri lah. gw sembuh dari asma berkat dicekokin ganja tuh cuy.. trus, gw make ganja ampe sekarang buktinya hidup gw gak ancur tuh! malah sukses gw.. :p gw masih bisa coding program sambil nyimenk tuh, jg rileks gt deh. tergantung kadar pemakaiannya lah…jgn ampe mabok aja! Elu minum air putih jg bisa Haram hukumnya cuy…(minumnya segalon,trus teler dah). CMIIW -Piss Love ‘n Respect-
#75 Comment by lebah_cimeng :
On October 9, 2007 6:04 pm Mozilla Firefox 1.5 Windows XP
kami bUtuH JaWabaN CukuP sAtU JAwaban Legalize It LegalIze iT
#76 Comment by Toni :
On October 28, 2007 9:36 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP
Sy setuju legal kan ganja Ingat ! Tuhan menciptakan bumi dan isinya untuk di manfaatkan oleh umat Nya, artinya ganja itu termasuk ciptaanNya yang boleh di konsumsi, kenapa manusia yang mau ngelarang??? Semua tergantung masing2, kalo dipakai berlebihan yah apa juga tidak baik…. Beda dgn “Drug” yang di buat oleh manusia, pasti ada dampak negatifnya
#77 Comment by abe :
On October 31, 2007 9:47 am Mozilla Firefox 2.0.0.2 Windows XP
oke oke aje kalo ganja dilegalkan, tapi kategorisasi ganja industri dan ganja terlarang harus terlebih dahulu didiskusikan lebih matang, dan mengingat ganja merupakan tumbuhan pemberian Tuhan pasti memiliki manfaat sekaligus berguna bagi kesehatan, namun pihak yang terkait juga harus memperketat penggunaan ganja sebagai produksi industri sekaligus mengkontrol dan memonitor pendistribusiannya maupun pemproduksiannya(Standar Kadar Ganja) yang tidak sampai “memabukkan” dan membuat orang “gila”.
#78 Comment by markesot :
On November 13, 2007 1:22 pm Internet Explorer 5.01 Windows 2000
mabok keq, waras keq,bukan urusan ganja, halal , haram, bukan urusan ganja. Ganja ya ganja ia ada untuk kita, untuk umat manusia yang mensyukuri nikmat-Nya
#79 Comment by Sonny :
On December 11, 2007 5:12 pm Mozilla Firefox 2.0.0.11 Windows 2000
HIDUP GANJA…. buat Masyarakat Anti Ganja (MAG) Buang jauh2 sifat negatifnya…. Ganja tuh dari alam ciptaan Tuhan… (asal jgn kbanyakan aja maboknya)…daripada lo makan daging yg bnyak lemak n penyakit… Yap…bner bgt..Tmen gw pernah di vonis dokter kl umur dy tinggaal beberapa bln lg.. n dy ngisep ganja… n sampe2 asma akutnya bs sembuh jg.. So ada manfaatnya jg khan dibandingin drug n narkotik laen yg bisa bikin OD n mati… Emang MAG pernah denger ada yg OD gara2 ganja??
#80 Comment by Pendosa_Besar :
On December 12, 2007 7:20 pm Mozilla Firefox 2.0.0.4 Windows XP
Buat saya ganja bukan merupakan NaRKOBA yang identik dengan tindak pidana, karena setiap kali saya menggunakan nya (Bersama Teman2) kita tidak mengalami rasa ingin berbuat kriminal atau hal2 negatif lainnya, melainkan keceriaan bersama, penuh kegembiraan dan walaupun dipakai untuk kerja bahkan sampai curhat pun bisa fokus , walaupun kondisi perut selalu menagih untuk diberi makan, tapi ini saya rasa bukan sesuatu yg negatif bukan? saya berharap MUI atau lembaga2 yang berwenang, bisa mentelaah lebih jauh tentang GANJA ini, lihat sisi positif yang bisa diambil, walaupun ada sisi negatifnya, yah anggap saja sisi negatifnya seperi kita mengkonsumsi alkohol saya rasa ga beda jauh , even better. Thx
#81 Comment by gatem sasongko :
On January 17, 2008 2:35 pm Opera 9.10 Windows XP
yang adil dong….rokok kenapa bisa bebas dijual dan ganja tidak…hal apapun jika terlalu banyak maka tidak baik, maka jika ganja bisa diatur penggunaannya seperti di Belanda, mungkin bisa menjadi antiklimaks vonis negatif pada ganja yang terjadi selama ini. lagipula ini bisa menambah devisa negara, dan satu lagi…ganja tidak ada beda seperti rokok…cam kan itu
#82 Comment by jaka :
On January 18, 2008 9:27 pm Mozilla 1.7.13 Windows XP
ganja oh ganja kenapa yang alami dilaranag ?
#83 Comment by jaka :
On January 18, 2008 9:28 pm Mozilla 1.7.13 Windows XP
ganja oh ganja kenapa yang alami gak boleh, kan ciptaan Tuhan
#84 Comment by vernon :
On January 20, 2008 6:57 pm Mozilla Firefox 2.0.0.11 Windows XP
oi cara nanam ganja gimana apa pupuknya
#85 Comment by ariezt :
On February 24, 2008 2:07 am Mozilla Firefox 2.0.0.11 Windows XP
“marijuana is not crime..!” gue adalah salah satu penikmat ganja,dan itu malah bikin hidup gue lebih indah..!dan ganja juga dapat mempererat persaudaraan…karna cara pemakaiannya yang bergantian dan di hisap dalam-dalam (coba di resapi yah maknanya)..!trus dari gue pertama kali pake ganja dan sampe skrg, gue belum liat tuh apalagi denger kalo ada kejahatan yang timbul akibat nge-ganja…!dan ganja itu juga ciptahan tuhan yang maha esa,dan juga yang maha segala-galanya..!ganja juga produksi dalam negeri sendiri,dan gue sangat menghargai dan menyukai ganja karna gue juga dari negeri tercinta ini yaitu indonesia..!trus ganja juga gak seperti miras dan obat-obatan yang sangat berbahaya..! sekarang cuma ada satu kata,legalkan ganja sekarang juga…!
#86 Comment by dipa :
On June 4, 2008 7:57 am Mozilla Firefox 2.0.0.11 Windows XP
Then We cause to grow thereby gardens of palm trees and grapes for you; you have in them many fruits and from them do you eat; And a tree that grows out of Mount Sinai which produces OIL and a condiment for those who eat. (Al-Mu’minun 19-20)
#87 Comment by dodi jhigoenk :
On August 24, 2008 3:15 am Internet Explorer 6.0 Windows XP
yang mampir sini pasti penggemar ganja
#88 Comment by Prabuw Singit :
On September 12, 2008 5:02 am Opera Mini/Mobile 4.1.11355
Cannabis=Peace. Gw setuju klo ganja di Legal in. Knp Bob Marley doyan ganja? Alesannya simpel, Coba aje lw isep ganja, trus dngerin musik/mp3.. tuh lagu jadi MANTAB, mengalun sampai ke hati. Sampe2 ada judul lagu “What if God smoke Cannabis” utk mnggambarkan bhwa ganja itu benar2 mnyenangkan. Di Amerika, ganja dgunakan sbagai zat utk pelapis cat mobil yg konon lebih tahan gores. Ada juga daun koka yg efek zat nya yg lbh gila dr ganja, atau ada juga tumbuhan Kecubung yg konon (konon ya..awas jgn dibalik) klo di isep daunnya atau di makan buahnya bisa bikin gila sampe2 lari di jalan raya sambil bugil..hehe. Tp keduanya ga sepopuler ganja. Karena apa? Krena Ganja adalah SPESIAL! Mirip pohon kelapa, dr buah, daun, bunga, batang,ampe akarnya bisa dipake untuk kperluan manusia. Dan dari segi kriminal..hmmm gw blm prnh denger di berita klo org mabuk ganja ngebacok orang. Jauh bgt klo dbanding alkohol yg bawaannya rusuh, mudah kesinggung, agresif, dan bertindak tanpa dipikir dulu. Gw sndiri bukan maniak ganja, tp setidaknya gw udh prnah ngerasain semua narkotik (kecuali Heroin kelas 1). Dan cuma Ganja yg “beda”. Inget..Which favour of God that u will deny? Tuhan mnciptakan sesuatu bukan utk iseng atau sbagai kesia-sia an.. pasti ada maksud dan tujuan. Utk MAG, ga ush ngmng ini itu.. Nabi aja pernah salah, apa lagi qta yg umat biasa. Intinya..legal atau tidak legal, di mata org yg brpikir positif, inovatif,..Ganja itu legal. Peace utk smuanya.
#89 Comment by Leslie :
On October 4, 2008 6:29 am Mozilla 1.7.13 Windows XP
Awas jangan Sampai di salahgunakan……..yang Rugi Kita Juga Generasi Muda Akan Hancur………Lebih baik tidak usah……by AMBON
#90 Comment by ujang tresno :
On October 9, 2008 11:12 pm Mozilla Firefox 2.0.0.11 Windows XP
Generasi muda hancur bukan karena ganja, tapi karena miskin, kelaparan, sekolah mahal, hiburan mendidik mahal… Ganja adalah obat murah, buat sakit kepala, migrain, asma, epilepsi, zat memabukkannya bisa buat bunuh bakteri, antibiotik yang lebih hebat dari penisilin, obat penyakit kulit, buat kecantikan, obat buat rambut subur, bisa buat penghilang rasa sakit (analgesik) yang murah, malah penelitian oleh ilmuwan Cina bilang ganja bisa bikin sehat sel-sel otak, bisa melindungi sel syaraf dari bahaya akibat stroke… itu baru zat psikoaktifnya… Biji ganja bisa buat minyak goreng atau dijadikan solar… 3-5 kg bisa jadi satu liter, hati2 varietas Aceh dicuri orang asing, karena ganja aceh produksi bijinya bnyak dan seratnya bagus… minyak dalem biji ganja mengandung semua asam amino penting dan asam lemak tak jenuh yang dibituhkan manusia… Ganja adalah solusi kelaparan dan malnutrisi di Indonesia! Serat ganja bisa dibuat tekstil dan kertas… 40% kayu di dunia ditebang buat dihancurin jadi bubur kertas… sementara satu hektar ganja bisa menghasilkan serat buat bahan bubur kertas 4 kali lipat lebih banyak dari satu hektar hutan dalam waktu panen bulanan (satu tahun 3 kali panen) dan bukan tahunan seperti pohon-pohon malang itu! Ganja bikin malas? bikin orang jadi nggak disiplin? bikin orang jadi bodo? Ogut dah ngeganja 8 tahun dan baek2 aja, semuanya tergantung orang itu sendiri! seperti Bob Marley bilang : “The Herbs Only Reveal You to Yourself…” Salam damai dan legalkan ganja!
#91 Comment by ujang tresno :
On October 10, 2008 12:18 pm Mozilla Firefox 2.0.0.11 Windows XP
Pemerintah dan sistem hukum nggak akan bisa mencegah manusia supaya nggak pake narkoba… Gw udah pernah nyoba shabu, inex, kokain, putaw, ngeboti, ampe ngelem dan menurut gw semuanya ngerusak otak dan kesehatan… satu-satunya narkoba yang menurut gue sehat adalaha ganja!!! bahkan gele lebih sehat dari alkohol! kalo alkohol aja legal kenapa ganja gak boleh??? kalo miras bisa bikin tongkrongan rusuh dan ganja bikin damai, senyum2 dan ketawa2 kenapa BNN masih aja boongin rakyat dengan bilang ganja itu bahaya? Semuanya ada bukti ilmiahnya! penelitian2 kedokteran, ilmuwan pemerintah dan lain-lain… cari aja buktinya di sejarah manusia… ganja udah dipake sejak RIBUAN tahun yang lalu… dan baru mulai ilegal selama kira2 70 tahun!!! sejak industri minyak bumi Amerika mulai dapet untung… ganja bisa bikin bangkrut industri minyak bumi, farmasi, tekstil kapas, pulp dan kertas, serat sintetis dan seterusnya dan seterusnya…. makanya ganja ILEGAL!!! Dan supaya tetep ilegal, Amerika lewat DEA dan PBB meng-ekspor propagandanya ke seluruh dunia, termasuk memakai BNN dan polisi di Indonesia… Legalize it!!!
#92 Comment by denchox :
On October 26, 2008 10:48 pm Internet Explorer 7.0 Windows Vista
Ganja atau apalah namanya adalah tanaman yang diciptain Tuhan. coba qta pikir2 dech,….ga mungkin kan Tuhan nyiptain buat ngehancurin qta2….. semuanya kembali pada pengendalian diri….
#93 Comment by denchox :
On October 26, 2008 10:54 pm Internet Explorer 7.0 Windows Vista
gue tertarik ma ganja, unik buat ngilangin stess,…. kalau ada yang semaput krn ganja,…its Bullshit….gue nyari temen dari aceh buat tukar pikiran, email aja.gue tunggu.
#94 Comment by Adietos :
On October 28, 2008 7:00 pm Mozilla Firefox 2.0.0.17 Windows XP
Yang pasti GANJA itu Enak…….
#95 Comment by Ki Joko Bodo :
On November 6, 2008 11:51 pm Mozilla Firefox 2.0.0.11 Windows XP
http://legalisasiganja.blogspot.com/
#96 Comment by DonRastacorLeone :
On November 17, 2008 4:44 am Mozilla Firefox 3.0 Windows XP
Nama gw LEON gw udah nyimeng aktif 15 taunan lah gw anak hukum trisakti nah jadi gw mungkin bisa kasih masukan buat tmn2 smua yang menginginkan bahwa ganja\cimeng\bakung\ula\weed\getok/gele\daun\sayuran\jembreng\cims\hawai\hawi\cunks APalah smua tmn2 sebutin hehehe… Okeh..gw ngedukung bgt tuh tentang pelegalan di indonesia..!! -ASPEK HUKUM : gw niat bgt dr dulu untuk melegalkan ganja… gw masuk hukum knapa..karena gw pengen melegalkan ganja..nah bagaimana caranya tuh.. kita smua itu diatur sama undang-undang’45 bahwa ganja itu adalah NARKOBA.. nah gmana caranya ngelegalinya.. adalah dengan meREVISI uud\undang2dasar…. yang tadinya ganja itu dikategorikan psikotropika golongan1\A KITA HAPUS….!!!! LEGALIN..! HUKUM INDONESIA ITU sistemnya adalah dari belanda dr zaman dahulu karena kitabekas jajahan ? oke..jd ada dong nyerempet2nya sama hukam di belanda..!!! di belanda yang legal apaan aja ?! dan kita itu smua punya HAK,udah diatur smuanya dalam undang-undang..kenapa koq bisa ROKOK&ALKOHOL itu legal\bebas diperjual belikan.. padahal kita udah tau efek merokok itu apa&ALKOHOL APA SAJA…dan tertulis jelas bahwa merokok itu dapat MENYEBABKAN KANKER,SERANGAN JANTUNG,IMPOTENSI,GANGGUAN KEHAMILAN\JANIN..nah.. kembalilagi bahwa itu smua jelas POLITIK pemerintah RI.. karena ada pajak !jadi knapa bisa legal sedangkan kita sudah tau efek2 jika kitamerokok\alkohol.. itu karena kita smua punya hak…!!! kembali pada diri kita sendiri…!!! di belanda legal dengan catatan bahwa ada dosis tertentu untuk pembagian golongan\umur&tempat.! masa indonesia nggak bisa sih kita kerjasama dengan pemerintah untuk Para dokter berperan sebagai pengkajian dosis menurut umur atau apalahh…..!!! -KERJASAMA kita mungkin bisa bekerja sama dengan pemerintah setempat dimanapun.. contoh jkt: kita kerjasama dengan gubernur bahwa diadakanya jalur hijau.. penanaman tanaman\membuat taman untuk kita nyimeng.. daerah yang legal.. dan itu harus ada penyuplay barangnya langsung dari aceh!! GANJA ACEH adalah salah satu ganja murni tanpa campurtangan zat lain dan diakui oleh dunia. alangkah baiknya jika kita bekerjasama dengan pemerintah dengan catatan ganja di kenakan PAJAK. utang negara kita brapa sih ?? -1hektar kebun ganja = 1000kg\1ton -1kg ganja di aceh berharga =Rp 400.000 -kalo 10 kg = Rp 4.000.000 -100 kg = 4.000.000.000 -1000kg\1ton = 4.000.000.000.000 diaceh brapa luas sih… lo pada itung sendiri ya.. lo kali2 in aja tuh smuanya..! *ASAL LO TAU SMUA : -lo pada tau kan lagu pelangi2 gmana isi lyriknya…gmana..?? disana dikatakan bahwa MERAH,KUNING,HIJAU di langit yang biru konteks>get high/giting dan tenag jadi nih lagu adalah tentang kedamaian.! -dulu kita sekolah.. diajarin dalam pelajaran sejarah bahwa kita dijajah oleh bangsa belanda dan pelabuhan terbesar kita dulu bgt dmana ?? aceh! yang diambil sama blanda itu rempah2,biji-bijian apalah itu smua… LO PADA SADAR NGGAK kalo rempah2 nya adalah biji GANJA buat bumbu dan apalah itu semua..! nah sampe belanda tanaman ganja diperbaharui kembali dengan menggunakan sinar2. POKOKNYA MASIH BANYAK!!!!! oh iya…. lo pikirin aja dulu smuanya… ntar gw lanjutin lg.. pegel man !!! sama ini man… -aceh abis kena TSUNAMI… abis itu mreka pada mau kerja apaan ? NGERAMPOK !!!!!??????? LAPANGAN PEKERJAAN ITU MAN !!!!!
#97 Comment by khoo-ping-hoo :
On November 19, 2008 2:47 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP
wkwkwkakakkakakka,hebooh,barang bob marley, hehehehehe,ganja merusak,generasi muda,wkwkwkwkwkwk,neh denger yee,gue senior gue,semua dulu suka make,cuma sekarang aje gue dah nggak,karena berususan dengan hukum,tapi yang gue rasa,selama suka pake ganja,nilai sekolah bagus bagus aja.senior gue juga pada cerdas /pinter otaknya pada succes hidupnya.kalau masalah hancur mah,ya itu mah tergantung dari tekad / kemauan diri sendiri,ok legalkan itu bob marley’s item…….hidup
#98 Comment by RasT :
On November 30, 2008 2:49 pm Mozilla Firefox 3.0.4 Windows XP
adilkah seorang penghisap ganja di masukan dalam penjara selama 5 tahun??? dan sebelum dimasukan dia harus menjalani proses hukum, di mana proses hukum di negara kita ini masih sangat kacau. mereka disiksa seperti kriminal, mereka diperas uangnya. apakah ini adil bagi seorang penghisap ganja??? apa yang dihasilkan dari seorang penghisap ganja, apakah dia berbuat sesuatu yang kriminal sehingga merugika orang lain. bandingkan dengan para penjahat koruptor, apakah mereka disiksa dalam proses hukumnya, apakah mereka diperas? (kalau pun di peras ga jadi masalah buat mereka karena duit hasil korupsi itu yang dijadikan modal untuk menjalani proses hukum). aparatur negara lebih memilih mengincar para penghisap ganja, dibandingkan mengurusi para koruptor, karena para koruptor adalah bos-bos mereka. dan akhirnya mereka mengincar para penghisap, karena mereka pikir mereka akan dengan mudah naik jabatan, dan tentunya anak buahnya dapat kebagian duit dari hasil pemerasan yang dilakukan aparat. negara ini tidak percaya pada POLISI, sehingga dibentuk lah KPK yang khusus menangani para koruptor (apakah KPK akan bertahan lama?). negara ini memang masih sangat perlu mengkaji lagi tentang pelegalan tumbuhan ganja. kemana isu yang kemaren di lontarkan oleh BNN, tentang pelegalan ganja??? apakah itu cuma suatu pengaliahan isu saja? BNN tau ganja ini baik untuk umat manusia, karena mereka meneliti sekaligus merasakan apa yang dihasilkan dari tumbuhan GANJA, tapi mereka masih saja menjilati lubang pantat penguasa, dan menjadi budak penguasa. sehingga hal positif yang ada di dalam tumbuhan ini hilang dengan begitu saja. you now? http://legalisecannabis.blog.friendster.com/ http://herb-cannabis.blogspot.com/ di sini banyak cerita tentang taneman ini. dan disini juga ada efek yang timbul dari dilarangnya tanaman ini untuk berkembang biak di bumi. klo anda ingin, melihat tanaman ini dapat menghasilkan sesuatu yang psitif bagi umat manusia. maka bergabunglah bersama kami. dan kami membutuhkan tanggapan anda tentang pelegalan GANJA di indonesia. kami berterima kasih untuk perhatian anda semua terhadap tumbuhan ini. -RasT- TUHAN memberkati semua mahluk yang telah diciptakannya
#99 Comment by daun :
On December 16, 2008 3:34 am Mozilla Firefox 2.0.0.9 Windows XP
ganja membuat gw makin berani bawa motor mau pun mobil ngebut..gw serasa ada di sirkuit..asik gila wahahahahaha
#100 Comment by fix_Us :
On January 3, 2009 8:27 am Mozilla Firefox 2.0.0.14 Windows XP
saya setuju jika ada pemikiran yg terbuka sperti ini, memang diakui aturan perundang2an sperti terlalu memberatkan ‘user/victim’ dibandingkan dgn efek negatif pemakaiannya, dan sudah hal yg umum bg aparat penegak kasus pemakaian ganja adalah lahan yg “mudah” & “mungkin menguntungkan”. Di belanda sesorang yg memiliki ganja tidak lebih dari brp gram bukan mrpkan suatu tindak pidana..
#101 Comment by d19 :
On January 7, 2009 7:52 pm Mozilla Firefox 3.0.5 Windows XP
mengapa ganja penting untuk dilegalisasi? 1. hanya membutuhkan 100 hari untuk tumbuh 2. memperbaiki mutu tanah yang ditanaminya 3. seratnya sangat baik untuk tekstil 4. dijadikan bahan pembuat kertas 5. serat terkuat yang pernah ditemukan, (dahulu digunakan sebagai tali ntuk mengikat kapal di dermaga). 6. biji ganja mengandung 25% protein 7. minyaknya mengandung fatty acids, omega 3, 6, dan 9 yang baik 8. sumber bahan bakar untuk mesin diesel 9. obat-obatan 10. menghasilkan uang bagi petani ganja 11. memiliki perjalanan sejarah yang panjang, (insya allah bukunya akan segera terbit) AYO DONG kita sama-sama melegalisasi ganja! kita produktif menghasilkan tulisan2 yang dapat merubah cara pandang orang2 yang mempunyai wewenang untuk itu! atau tidak, kita aja yang melakukan terobosan!!!
#102 Comment by coeil :
On January 17, 2009 12:09 pm Mozilla Firefox 3.0.4 Windows XP
Presidenya pada goblok nih… tumbuhan devisa malah di laranggg tululll………
#103 Comment by Ipankz :
On January 21, 2009 1:51 pm Mozilla Firefox 2.0.0.11 Windows XP
LEGALIZe….LEGALIZE… pada blom prnh ngrasain gulai kambing pke ganja sih.. jd pada gak tw. klo dr bahan penyedap ROY**,MASA**,dll… yg ad PENGAWETnya.. beeuhh..tinggal kmana2 tuh ma mknan yg ditaruh biji ganja. so.. mari kita dukung klo GANJA itu adalah tanaman yang harus di LESTARIKAN..! thx..caw.
#104 Comment by BigFatAss :
On February 5, 2009 3:29 am Mozilla Firefox 3.0.5 Windows XP
Asiiikk.. akhirnya setelah sekian lama gw nemu “lobang” yang tersisa “in my peacefull village”..(tengkyu bang edeb) hihihi.. Emang kambing itu keparat tengik.. mengacau suatu sistem yg berjalan secara alami!! haaah aya2 wae ah!! Baks duls lah soob!! biar ga tegang..
#105 Comment by iyol :
On February 10, 2009 4:38 pm Mozilla Firefox 3.0.6 Windows XP
klo saya mau penelitian ttg ganja bakalan legal g y?buat skripsi ceritanya..
#106 Comment by solarismania :
On February 18, 2009 8:52 am Mozilla Firefox 3.0.6 Windows Vista
dilarang aja perederanannya udah kayak apa sekaran ini, apalagi dilegalkan lebih banyak bikin kacaunya… nanti abis ganja minta dilegalin mariyuna, ekstasi, dll (tambah kacau aja deh)
#107 Comment by Balie Bagoes :
On February 20, 2009 4:19 pm Mozilla Firefox 3.0 Windows XP
hidup pelegalan ganja. insyaAllah, ganja buat damai bangsa ini. dgn ganja, smua org ga da yg sedih. ketawa terusssssssssssss. hahahahahahahahaha…………… pada setuju kn.??? salam damai buat smua ny.
#108 Comment by green force :
On March 7, 2009 1:32 am Mozilla Firefox 3.0.6 Windows XP
pokoke gw dukung 100 % LEGALIZE GANJA…gw siap jd ”kelinci percobaan” BNN skalipun…dalammembuktikan bahwa pengguna ganja gak sepenuhnya kriminal, bagaimana mau menggali potensi besar di negara ini, yg selama ini dijadikan lahan basah oleh otorita yg berkepentingan, cobalah dialihkan dengan regulasi yang jelas melalui penelitian2 yg bisa didanai dan dilakukan oleh pemerintah..(toh klo berjalan lancar, hasil atau pajaknya dimasukkan ke kas begara…briliant bukan..? ) drpd ngumpet2, mendingan ada.. minimal lokalisasinya… tapi saran gw, mending di bikin semacam “SIM” untuk mengontrol pengguna yang bahkan mungkin sebelumny telah melalui sejumlah test kelayakan intelegensia , emosi , dll..untuk membuktikan apakah dy layak mengganja atau tidak,. Toh selama ini belum ada saya dengar langsung, ada pengguna ganja yang meninggal akibat dampak langsung penggunaan ganja, klau minuman ( dringan ) sih iya…sering malah…tonton aja acara kriminal di Tipi2..banyak yang mati konyol, karena miras..tetapi ganja…? mana buktiny..? saran berikutny buat pemerintah, melek dong bapak / ibu yang terhormat , yang mau peduli nasib anak bangsa, yang selama ini tertindas peraturan dan perundangan yang gak mutu…yang MATRE..komersil…janganlah kita mengikuti yang ada saja, tapi mari kita telaah bersama, bahkan aksesoris gelang, sepatu, tas , kalung, topi, baju, kaos kaki, celana, stiker, airbrush, dlll masih ada motif daun ‘ cimeng’ ny..kenapa harus takut..? SO WHAT..?
#109 Comment by arwa :
On March 26, 2009 3:25 pm Google Chrome 1.0.154.48 Windows XP
lam knal bro.. baks mania…. gw setuju ganja legal.. dari pada rokok mendingan ganja,,, harusnya pemerintah membuat ganja seperti rokok… ada larangannya di bungkus ganja.. PERINGATAN PEMERINTAH ***** KE GEP/TANGKAP RESIKO SENDIRI ***** ha..ha..ha.. ini baru bagusss….
#110 Comment by ndho :
On April 1, 2009 5:05 pm Mozilla Firefox 3.0 Windows XP
saya sbgai warga indonesia sangat setuju sekali klo GANJA dilegalin.Ganja tu salah satu omset terbesar indonesia klo bener2 dikelola.Banyak orang2 sukses juga gemar pake GANJA.Brati udah terbukti kan klo GANJA gak sepenuhnya merusak diri kita.Seharusnya Pemerintah Indonesia lebih membuka mata untuk aset2 seperti ini.Jangan bisanya cuma ngelarang tanpa dianalisa terlebih dahulu. Salam Damai boeat smua rastaman INDONESIA….
#111 Comment by Dudy Fridianto :
On April 10, 2009 2:28 am Internet Explorer 7.0 Windows XP
Menurut saya pribadi ganja tidak berbahaya untuk di konsumsi sebagai bumbu masak ataupun di isap sebagai alat rekreasi, dibandingkan dalam keadaan sekarang banyak anak muda yang menggunakan lem,alkohol, atau obat serangga untuk dipergunakan sebagai media untuk mabuk2an dan itu jelas2 merusak kesehatan, sepengetahuan saya tidak pernah ada orang yang meninggal karena mengisap ganja secara berlebihan, saat ini banyak pengusaha masakan padang juga yang menggunakan sebagai bumbu masak, terbukti daun2 ganja bisa meminimalisir tingkat keasaman dari santan yang dipergunakan di tempat2 masakan padang itu dari sisi positifnya, sementara dari sisi negatifnya, karena ada larangan dari pemerintah sehingga harga ganja bisa melonjak sangat tinggi dan menjadi komoditas untuk para teroris ataupun gerakan pengacau keamanan untuk bisa menukarkan berton-ton ganja yang sudah dikemas sedekian rupa sebagai alat pertukaran dengan senjata2 perang yang justru bisa membahayakan keselamatan negara. demikian pendapat saya pribadi semoga bisa menjadi kajian untuk semua pihak.
#112 Comment by febry :
On August 24, 2009 9:50 pm Mozilla Firefox 3.0.8 Windows XP
legalize it!
#113 Comment by ismael :
On October 21, 2009 8:55 pm Mozilla Firefox 3.5.2 Windows XP
50:50 legal or ilegal….
#114 Comment by mabuy :
On December 16, 2009 4:38 pm Mozilla Firefox 3.5.5 Windows XP
Legalize it…. Salam Damai buat semua….
#115 Comment by Fidel Kadek :
On December 16, 2009 5:39 pm Mozilla Firefox 3.5.3 Windows Vista
ahhh biarlah kek gini aja, ngumpet2 lebih asik… ya ngak???!!! kalo dilegalin bisa murah tuh ganja, anak kecil bisa bebas make yang ngak kenal cimeng jadi tau.. trus tenggleng di sekolahan… kata dunia “wah anak2 Indonesia pada tenggleng”, obat kek paramex emang keras tapi jarang disalahgunain terlalu beresiko Boss buat generasi penerus kita lebih baek menjaga kemungkinan daripada mengobati… biaya rumah sakit mahal
#116 Comment by Jeff :
On February 17, 2010 11:25 am Mozilla Firefox 3.5.7 Windows XP
KALAU MASYARAKAT (KITA) DI INDONESIA MEMANG BELUM SIAP, YA LEBIH BAGUS GANJA TIDAK USAH DILEGALKAN… KARENA SEMUA YANG TIDAK SIAP ITU CUMA BAKAL MENIMBULKAN MASALAH BARU LAGI… BIARLAH PENIKMAT-PENIKMAT GANJA TERSEBUT (TERUTAMA DI INDONESIA) TETAP BERMAIN “kucing-kucingan” DENGAN APARAT PENEGAK HUKUM SETEMPAT… SALAM HANGAT DARI SAYA – peace forever
#117 Comment by Jeff :
On February 17, 2010 11:28 am Mozilla Firefox 3.5.7 Windows XP
TAPI SAYA TETAP YAKIN KALAU GANJA ITU JUGA DAPAT BEREFEK “MENCERDASKAN SEBUAH BANGSA”, ANDA BOLEH PERCAYA BOLEH JUGA TIDAK… WARM REGARDS OF ME – peace
#118 Comment by Jeff :
On February 17, 2010 11:33 am Mozilla Firefox 3.5.7 Windows XP
MUNGKIN JUGA PERLU DILAKUKAN SURVEI TENTANG PANJANGNYA USIA ANTARA SESEORANG YANG AKTIF MENGGUNAKAN GANJA DENGAN YANG TIDAK MENGGUNAKAN… DAN JUGA SURVEI-SURVEI LAINNYA YANG MUNGKIN TEMAN-TEMAN SEKALIAN BISA MEMBERIKAN IDE SARAN MENGENAI SURVEI TERSEBUT… BERHENTILAH MENYUDUTKAN SESUATU CUMA KARENA ANDA TIDAK SETUJU KARENANYA, KARENA ANDA BUKANLAH “MANUSIA SETENGAH DEWA”… :-D WARM REGARDS of ME – peace
#119 Comment by tan malaka :
On March 31, 2010 6:37 pm Google Chrome 4.1.249.1042 Windows XP
KEBENARAN ITU CUMA MILIK TUHAN, GA ADA MANUSIA YANG BISA MENENTUKAN YANG SALAH DAN YANG BENAR, PERATURAN YANG BUAT SIAPA? MANUSIA JUGA KAN….NAH…..MARI BERPIKIR POSITIV, CONTOHNYA NYAMUK, PEMBUNUH GA? DARI JENIS YANG BIASA SAMPE YANG PALING BERBAHAYA, TAPI KENAPA EKSIS DI DUNIA? TRUS BERAPA BANYAK PABRIK OBAT NYAMUK YANG MENGHIDUPI UMAT MANUSIA?………SAUDARA2 TERCINTA, SAYA BERUSAHA UNTUK NETRAL MEMANDANG KASUS GANJA LEGAL INI, TIDAK PRO ATAUPUN KONTRA….DAN MENURUT SAYA, COMMENT2 YANG MENGANDUNG GELISAH, BENCI, DAN PENYAKIT HATI-PENYAKIT HATI YANG LAINNYA ADALAH PENDAPAT YANG SANGAT DANGKAL DAN PROVOKATIV….ITU SAJA, PEACE AND LOVE, JAYALAH BANGSA INI APAPUN WARNA KULIT, SUKU, RAS DAN AGAMANYA, KARENA MEMANG BEGITU ADANYA.
#120 Comment by Pak D Didik :
On April 27, 2010 10:05 am Google Chrome 4.1.249.1045 Windows Vista
Hasil polling/ jajak pendapat tentang upaya legalisasi ganja : http://blogawam.wordpress.com/2010/04/24/polling-jajak-pendapat-terhadap-upaya-legalisasi-ganja/
#121 Comment by Agust Banderas :
On May 19, 2010 8:45 pm Mozilla Firefox 3.5.6 Windows XP
Let’s do it….. cepet legalkan ajah ketimbang terlalu lama dikaji…kelamaan….. kasian anak2 muda yg otaknya kreatif harus sembunyi-sembunyi kalo pengen “cerdas”….
#122 Comment by Aulia :
On May 30, 2010 12:30 am Mozilla Firefox 3.5.3 Windows XP
sampai saat ini belum legal juga :(
#123 Comment by narmin niye :
On June 12, 2010 3:25 pm Opera 9.61 Windows XP
Jangan menzalimi Ganja dengan menggolngkannya sebagai NARKOBO. Ia hanya sejenis tanaman yang Allah ciptakan untuk diolah dan disebul. =))
#124 Comment by narmin niye :
On June 12, 2010 3:27 pm Opera 9.61 Windows XP
=)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =))
#125 Comment by nunek :
On June 18, 2010 7:48 pm Mozilla Firefox 3.6.3 Windows XP
KUCING SEMUA…MAKAN TU GANJA…..TAI SEMUA….PADA GOBLOG ATAU NDAK PUNYA OTAK SEHHHHH HELOOOOO HARI GINI NGURUSIN GANJA…VEDEO SEKS.. DASAR>>>KURANG KERJAAN… Coba bikin Prestasi aja pada…..
#126 Comment by Weed Lovaaa :
On June 25, 2010 12:18 pm Mozilla Firefox 3.0.19 Windows XP
Ganja ga bakal legal di indo…selama masih ada nilai-nilai agama disana…kita bukan belanda yang masyarakatnya mayoritas agnostic…kita Indonesia, negara beragama yang butuh GITING juga…agaggagagga BIAR WOLES BROOOO!!!!
#127 Comment by herru pribadi :
On August 11, 2010 5:13 pm Google Chrome 5.0.375.125 Windows XP
gabung di http://www.legalisasiganja.com/ herru,
#128 Comment by antholid ahsan :
On August 31, 2010 2:09 pm Mozilla Firefox 3.5.5 Windows XP
Kami udah lama curiga, kenapa ganja dilarang di indonesia bukan semata2 karena efeknya, tapi penelusuran kami mengarah pada keyakinan,ADA konspirasi antara orang2 (pejabat) tertentu yang tidak ingn mendapat saingan, memproduksi Ganja dan menjadi supplier ganja ke Luar negeri. Kasihan bangsa ini, Punya ganja bersekala besar ,tapi dilarang menikmati, malah dijual oleh organisasi terselubung yang mgkn saja mdpt Backingan instansi aparat tertentu. Ayo gan selidiki mendalam, ini permainan kakap Bung !!
#129 Comment by fery sunarya :
On September 10, 2010 2:53 am Mozilla Firefox 3.5.11 Windows XP
salam kenal…..bro bagus artikelnya mampir ke blog saya http://www.ferysunarya.blogspot.com artikel tentang ganja dan tips nge ganja yang baik dan benar n cara menanam ganja di pot dan comentari
#130 Comment by tinus :
On October 27, 2010 3:49 pm Google Chrome 7.0.517.41 Windows XP
ganja.. banyak org hebat yg gw tau adalah seorang pemakai ganja.. so legalize it.. legalize cannabis…
#131 Comment by danny :
On November 25, 2010 11:58 am Mozilla Firefox 3.6.12 Windows XP
ganja di legal ditunggu….. gw setuju bgt ma yg ngobrol2 di atas kl ganja ito gax pernah rusuh,,,, kp alkhol bs legal ganja gax bs???? padahal kan klo di tv bnyak brta kriminal org2 mling,tawuran,ngebcok, psti abis minum2 bkn abis ngebakung ,,,,, hahahahahahahahah minuman nto yg di ilegal !!!! gana di legal dong kan ganja gax buat org rusuh…..
#132 Comment by jack :
On December 2, 2010 3:01 pm Internet Explorer 8.0 Windows 7
biarkan rakyat menentukan pilihannya mengenai ganja…yang mau nge-ganja silahkan…yang tidak mau nge-ganja ya silahkan juga tidak harus ada unsur paksaan, nah sekarang pemerintah hanya harus me-legal-kan ganja aja… so simple, makanya yang setuju ganja dilegalkan mari bergabung secara aktif dan support LGN (Lingkaran Ganja Nusantara) dalam upaya membentuk badan hukum untk memperjuangkan dihapuskan nya ganja dalam UU Narkotika…jangan hanya berkoar….perjuangan itu butuh biaya bung…
#133 Comment by jack :
On December 2, 2010 3:07 pm Internet Explorer 8.0 Windows 7
tanaman ganja adalah makhluk hidup… mari kita sama-sama memperjuangkan hak asasi tanaman ganja untuk berkembang dan hidup, kalau manusia hak asasi dilanggar pasti akan berteriak, sedangkan ganja tidak bisa berteriak untuk memperjuangkan hak hidupnya, makanya bagi manusia yang mempunyai rasa kemanusiaan…ayo kita bantu ganja untuk tetap hidup layak di bumi ini
#134 Comment by susilo :
On December 25, 2010 12:45 am Opera 9.80
GAM kenapa bisa punya senjata yg lebih canggih?, apa aja yg di sepakati?kalau cuma gas menurut gw yg bego ini,itu hanya persentase kecil nilai ekonomi dari apa yg ada di tanah NAD,tp rempah rempah (ganja) kualitas terbaik didunia ada di NAD jauh lebih besar nilainya, percaya boleh nggak kebangetan, NKRI bisa jd negara super power kalau pemerintahnya bisa manage semua hasil buminya terutama ganja,ganja sudah dimonopoli oleh penguasa yahudi dan antek2nya yg ga mau bangsa kita lebih maju pemikirannya dr mereka, bagi mereka cara yg pling jitu untuk mmbungkam suatu negara adalah……………………….., so…..bersatulah orang Indonesia…thinks fastest than light…..and know ya enemy
#135 Comment by BoB Andi :
On December 31, 2010 9:14 am Mozilla Firefox 3.6.10 Windows XP
Semua yang diciptakan oleh Allah SWT pasti ada sisi positipnya, Semua tergantung dari SDMnya masing2. Jangan selalu wacana tentang ganja di nilai negatif, karena banyak contoh disekitar saya berhasil karena ganja (catatan dikonsumsi tidak berlebih)semisal : Untuk obat susah tidur, obat utk asma, dan pola pikir jadi tdk anarkis. Banyak juga kasus2 kriminal di tv mengekspos tentang kasus ganja, akan tetapi kebanyakan bukan pemakai melainkan kurir atau pun bandar, dan itu pun tdk disertain dgn kasus kekerasan. Beda dgn kasus2 lain, sebagai contoh : sehabis acara miras pasti langsung tawuran dan menyebabkan anarkis, atau pun overdosis karena shabu2 atau pil koplo. Jarang ditemukan kasus overdosis karena ganja. Ingat! itu semua tergantung pada SDMnya masing2. Dan tampaknya pola SDM di Negara Indonesia masih blm bisa menerima sisi Positip dari Tanaman Ganja, So selama belum di legalkan dan kita masih menjadi warga negara Indonesia sepatutnya ya taat hukum lah……..
#136 Comment by rizo :
On January 17, 2011 11:57 am Mozilla Firefox 3.6.13 Windows 7
Tuhan memberkati semua orang dengan niat baik, Alloh yang maha pencipta menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi umatnya, siapa yang mengatakan haram atas ciptaannya…? yang berkata ganja menyesatkan, merusak bangsa, berarti dia belum mencoba dengan niat yang baik, coba renungkan (tafakur) atas ciptaannya, alam yang elok, udara yang segar, capai yang hilang begitu saja, rasa sayang anda berlebih terhadap sesama, jauh dari pertengkaran,… Cobalah dengan niat yang baik sebelum menggunakan. GBU
#137 Comment by reza :
On February 26, 2011 4:31 pm Mozilla Firefox 3.6.13 Windows XP
buat bagong dan yg tdk setuju dgn ganja,lo pd atas namain tuhan.lo ngerti apa sih tentang agama?fanatik kg puguh lagu lo pada.ganja itu tergantung yg pakenya bego..bini gw sakit asma tp sengaja gw beliin buat dia pake tp ternyata berhasil,dulu gw berobat kerumah sakit setiap hari sampe dokter sm suster cape kali tiap hari liat gw.duit sampe abis tiap hari tebus obat,bayar dokter,cek up.sembuh mah kaga bini gw.malah jadi ada efek samping dr obat2an yg tiap hari dikonsumsi.pas gw baca di forum ganja bs bikin sembuh lgsng gw coba beli 1 amp.buat coba dulu,tp bini gw bilang bener napas ga terlalu sesak,berjalan 3 bulan sekarang kg kambuh2 lagi.bener tu ganja top banget,tapi gw salahin jg polisi ko malah mau tangkep gw pas ketauan,itu kan untuk obat penyembuhan,gw sumpahin tu polisi sm bininya kena asma jg parah ky bini gw.biar dia tau cari obat apa yg ga langgar hukum biar dia tau jgn munafik.coba klo gw ditangkap kesalahan gw apa?coba lo yg pd atas namain agama lo jawab pertanyaan gw?klo dikembalikan yg terjadi sm bini lo,apa yg lo buat kl ternyata yg bs sembuhin asma itu ganja yg paling panten dibanding obat dokter.apa tetap lo ga ksh bini lo isep ganja biarin mati pelan2,mendingan yg mati lo aja bagong biar mati lo ketabrak kereta,anjing lo orang2 yg atas namain agama terlalu munafik,lo jg blm tentu bener bego dosa lo mungkin lbh bnyk dr gw.hahahahahahah mampus aja lo bagong mang tuhan mau belain lo yg tukang cr perhatian sm agama.
#138 Comment by zenis :
On March 3, 2011 1:15 pm Mozilla Firefox 4.0b12 Windows XP
no comment dch w,,,,, biarkan rakyat menentukan pilihannya mengenai ganja…
#139 Comment by sleeper :
On March 15, 2011 10:09 pm Mozilla Firefox 3.6.3 Windows XP
simalakama…
#140 Comment by Masykur :
On May 5, 2011 4:46 pm Mozilla Firefox 3.6.13 Windows 7
Kenapa Ganja Dilarang? Mungkin banyak pejabat yang punya ladang ganja berhektar-hektar sehingga kalau dilegalkan mereka ketakutan harganya akan anjlok dan merugikan bisnis mereka
#141 Comment by sainthijrah :
On May 8, 2011 9:47 am Mozilla Firefox 4.0 Windows XP
saya pribadi setuju dengan komentar mas bagong. Semua yang diciptakan Allah pasti ada manfaatnya. Seperti yang mas dudi katakan ganja itu bisa digolongkan untuk industri. Jadi jelas ada manfaatnya. Allah juga nggak melarang untuk apa semua ciptaannya digunakan. Tapi Allah memberi pilihan kepada kita. Lebih banyak mana manfaatnya dari pada mudharatnya. Sebagai orang yang mengaku BERAKAL tentu kita bisa memilih…
#142 Comment by otong :
On May 11, 2011 6:25 am Google Chrome 11.0.696.65 Windows XP
bawa narkoba dibawa 1 gram tidak dipenjara? http://www.metrotvnews.com/read/newsvideo/2011/05/10/127928/Bawa-Narkoba-di-Bawah-1-Gram-Tidak-Kena-Pidana
#143 Comment by dudi :
On May 11, 2011 8:11 am Mozilla Firefox 3.6.17 Fedora Linux
#142: setau saya itu hanya berlaku untuk pemakai dan pada saat penangkapan pertama. kalo untuk pengedar atau pengguna tapi tertangkap yang kedua dan seterusnya, maka masih tetap akan diproses hukum.
#144 Comment by bunga :
On May 24, 2011 12:52 am Mozilla Firefox 4.0.1 Windows 7
Ganja ada sisi negatif dan Postif nya, sisi negatif dapat merusak otak dan positif nya bisa di jadikan obat penenang buat dunia medis
#145 Comment by bunga :
On May 24, 2011 12:53 am Mozilla Firefox 4.0.1 Windows 7
Ganja bisa dimanfaat untuk dunia medis sebagai penenang tapi kalo disalah gunakan tidak bagus buat kesehatan
#146 Comment by TRI HERMAWAN, On May 24, 2011 12:56 am Mozilla Firefox 4.0.1 Windows 7
Ladang Ganja Aceh termasuk ladang terbesar makanya bisa di manfaat kan sebagai devisa negara jika di Import dan di buat untuk obat penenang dan jangan di manfaat untuk yang salah bisa merusak generasi muda.

0 comments: