Saturday, June 11, 2011

PERSIAPAN MENDAKI GUNUNG

Posted by daeryl 7:18 AM, under | No comments

Persiapan Mendaki Gunung

Aktivitas kegiatan alam bebas seperti mendaki gunung bisa dikatakan sebagai olahraga rekreasi. Namun karena aktivitasnya dilakukan di alam terbuka, mendaki gunung memerlukan kondisi fisik prima dari para pendakinya. Anda yang menyukai kegiatan alam terbuka haruslah menyadari berbagai bahaya yang mungkin mengancam ketika melakukan aktivitas di alam terbuka tersebut.
Ancaman yang mungkin membahayakan para penggiat alam bebas tersebut biasanya datang dari dalam diri sendiri ataupun datang dari luar dan di luar kemampuan Anda. Kedua jenis bahaya tersebut biasa diistilahkan dengan bahaya subjektif dan bahaya objektif.
an yang perlu diingat, jangan pernah menganggap remeh kondisi alam dalam bentuk apa pun, termasuk alam pegunungan yang biasa didaki seperti Gunung Gede atau Gunung Papandayan. Salah seorang pendaki senior Indonesia, Alm. Norman Edwin, mengatakan bahwa seorang pendaki gunung pada dasarnya menghadapi dua jenis rintangan ketika melakukan kegiatannya.
Rintangan pertama sifatnya ekstern, artinya datang dari objek yang sedang dihadapi. Objek itu adalah gunung, dan rintangan yang dihadapi berupa cuaca atau medan berat. Bahaya yang ditimbulkannya disebut bahaya objek (objective danger).
Rintangan kedua sifatnya intern, yaitu datang dari si pendaki gunung itu sendiri. Kalau si pendaki itu tidak mempersiapkan diri dengan baik, maka rintangan itu datang dari dirinya sendiri. Bahaya yang timbul disebut bahaya subjek (subjective danger).
Di Indonesia, bahaya objek bagi pendaki gunung secara umum tidak terlalu besar. Keterjalan gunung-gunungnya relatif tidak seberapa, cuacanya pun hanya dipengaruhi oleh dua musim: musim kering dan musim hujan. Suhu udara tidak terlalu dingin, terutama dibandingkan dengan gunung-gunung di daerah subtropis.
Bila akhir-akhir ini terlansir berita mengenai kecelakaan di gunung, maka kesalahan banyak dilakukan oleh si pendaki yang masih belum memadai dari banyak segi. Perlengkapan mendaki gunung adalah pokok pemikiran pertama bagi setiap pendaki gunung.
Gunung dengan segala aspeknya merupakan lingkungan yang asing bagi organ tubuh Anda. Lebih-lebih bagi mereka yang hidup di dataran rendah. Itulah sebabnya kita memerlukan perlengkapan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan di gunung. Perlengkapan yang baik adalah salah satu usaha untuk mengurangi bahaya di gunung, baik bahaya objek maupun subjek.
1. Bahaya subjektif atau bahaya yang datang dari diri Anda sendiri merupakan hal-hal yang paling mudah dihadapi atau diatasi karena kita sendiri yang mengetahuinya.
2. Bahaya objektif atau bahaya yang berasal dari sifat alam itu sendiri merupakan bahaya di luar kemampuan Anda dan biasanya tidak dapat Anda ubah. Namun Anda bisa meminimalisasi efek dari bahaya tersebut dengan cara mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.
Referensi
Mountain climbing for everybody: panduan mendaki gunung
Oleh Harley Bayu Sastha
This entry was posted in Olahraga and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. pendaki gunung, mendaki gunung, alam, alam bebas, mendaki, mendaki alam pegunungan, mendaki gunung papandayan, pendaki gunung indonesia, pendaki mendaki, pendakian gunung, perlengkapan pendakian gunung, PERSIAPAN kebugaran mendaki gunung, persiapan mendaki pegunungan, aktivitas di alam bebas, kegiatan di alam terbuka

One Response to Persiapan Mendaki Gunung

0 comments: