Monday, May 30, 2011

berkendara juga ada aturan nya

Posted by daeryl 6:13 AM, under | No comments

Berkendara Juga Ada Aturannya January 19, 2007

Posted by trihermawan in Teknologi.
add a comment
Saat anda mengendarai mobil ternyata ada seninya juga dan itu bukan sekedar mentaati peraturan lalu-lintas saja. Sopan santun di jalan, apalagi dengan teman seperjalanan, tidak kalah pentingnya.
Cara berkendara merupakan cerminan pribadi dan bila anda mengemudi dengan kasar identik dengan sifat urakan. Atau sebaliknya jika anda mengemudi dengan halus dapat dikatakan bahwa sifatnya lembut.
Singkatnya, berkendara pun sama artinya dengan menjaga nama baik dan perilaku. Mengemudi sendirian di jalan raya tentu akan berbeda dengan mengemudi bersama orang lain. Mengemudi bersama orang yang lebih tua atau klien tentu akan membutuhkan lebih banyak kesopanan dan kesantunan daripada dengan teman akrab. Bersama teman, tentu semua etika tersebut berlaku lebih fleksibel.
Posisi Duduk. Seperti halnya di Inggris yang posisi pengemudinya berada di sebelah kanan, orang yang lebih tua sebaiknya duduk di sebelah kiri belakang dan anda di sebelah kanan. Jika anda tidak menggunakan sopir maka sebaiknya orang yang lebih tua duduk di kiri depan. Jika ada anak kecil yang ikut serta sebaiknya didudukkan di tengah belakang. Hal-hal tersebut di atas juga berlaku bila anda berkendara dengan klien. Bedanya adalah jika anda duduk di belakang bersama klien maka duduklah menyerong menghadap di klien dan jangan duduk lurus menghadap sopir.
Rokok. Mobil bukanlah tempat merokok. Anda dapat makan permen atau makanan kecil lain, mengobrol atau dengar musik untuk mencegah kantuk. Orang yang tidak merokok dalam mobil adalah orang yang mampu mengendalikan dirinya. Meski teman seperjalanan anda mempersilakan untuk merokok tetapi sebenarnya itu bisa merupakan basa-basi. Jika anda sebagai pemilik mobil dan ingin agar mobil anda tetap bersih sebaiknya jok mobil di lap dengan kain basah kemudian dengan kain kering. Keset dan asbak mobil juga dicuci setiap hari.
Makan. Bila anda ingin makan di mobil boleh-boleh saja tetapi sebaiknya makanan yang dimakan tidak membuat kotor, tidak menimbulkan bau dan tetap rapi. Bila perlu, anda dapat menggunakan alas kain di pangkuan anda agar makanan anda tidak tercecer di mobil anda.
Musik. Jika anda suka musik sebaiknya pilihlah yang lembut dengan volume sedang. Karena akan mententramkan perasaan hati (mood) yang buruk, apalagi jika anda berkendara di Jakarta yang sering macet dengan suara klakson yang berisik dari kiri-kanan. Bila anda berkendara bersama klien maka musik yang lembut akan lebih mujdah mencairkan suasana. Karena jika anda menyetel musik keras maka meningkatkan adrenalin dan bersemangat serta membuat orang mudah terpancing emosi. Mungkin anda bisa menanyakan jenis musik yang disukainya atau anda tunjukkan koleksi kaset / CD anda. Atau anda ingin mendengarkan radio sebaiknya atur bahwa anda telah memilih gelombang radio yang tepat. Mengganti-ganti gelombang radio menunjukkan bahwa anda termasuk orang yang tidak sabaran dan kurang dapat mengendalikan diri. Selamat berkendara. (perempuan.com)

0 comments:

Tags

Blog Archive

Blog Archive